Beberapa Penyebab Seseorang Mudah Marah Tanpa Sebab

Marah merupakan salah satu luapan emosi yang cukup berbahaya. Ketika seseorang marah tentu ada saja penyebabnya, namun pada beberapa kasus seseorang biasanya marah tanpa sebab yang jelas. Apabila menemukan atau mengalami kasus tersebut sebaiknya ketahuilah penyebabnya terlebih dahulu karena ada beberapa faktor penyebab diluar kendali seseorang yang mengalaminya.


Penyebab seseorang mudah marah
1.    Hipertiroidisme

Kondisi ini merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan yang dapat membuat orang yang mengalaminya mudah merasa gelisah, tidak berkonsentrasi dan mudah marah sehingga biasanya sering membuat orang yang mengalami sering berteriak kepada orang lain.

2.    Obat Kolesterol

Obat kolesterol yang telah diresepkan oleh dokter merupakan jenis obat yang mengandung statin, yaitu obat yang menimbulkan efek samping lebih emosional dan mudah marah.

3.    Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan hormon serotonin di dalam otak menjadi berkurang akibat kadar gula di dalam darah yang tidak seimbang sehingga dapat membuat penderitanya mudah panik, mudah marah dan lebih agresif.

4.    Depresi

Jika seseorang mengalami depresi maka akan psikologisnya menjadi labil sehingga mudah marah.

5.    Autisme

Autisme dapat memicu emosi menjadi tidak terkontrol sehingga sulit untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Autisme juga akan memberikan dampak buruk bagi emosi orang yang mengalaminya yaitu mudah untuk marah.

6.    Alzheimer

Alzheimer merupakan jenis penyakit yang dapat menimbulkan kepikunan pada seseorang sehingga dalam situasi tertentu dapat menimbulkan kemarahan yang meledak-ledak.

7.    Obat Tidur

Obat tidur seperti Benzodiazepin dapat melambatkan fungsi otak sehingga dapat menambah tingkat kemarahan orang yang mengkonsumsinya.

8.    Sindrom PMS

Setiap mendapatkan siklus menstruasinya, wanita akan mengalami PMS dimana hormonya menjadi tidak stabil dan dapat menimbulkan emosi yang berlebihan sehingga mudah marah tanpa sebab.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat seseorang mudah marah tanpa sebab. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah mencoba menenangkan diri dan membuat diri menjadi lebih rileks serta berpikir positif. (Baca juga: Penyebab Telinga Sering Gatal dan Cara Mengatasinya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D