Tips Sehat saat Bekerja Lembur

Lembur merupakan pekerjaan yang biasa dilakukan diluar jam atau hari kerja biasanya, seperti bekerja hingga larut malam atau bekerja pada hari libur resmi. Biasanya kondisi ini yang sering dihadapi oleh para pekerja profesional yang dituntut untuk bekerja sesuai dengan tenggang waktu atau deadline yang sudah ditentukan.

Tips sehat bekerja lembur

Walaupun hal ini baik untuk karir, namun jika dilakukan terlalu sering akan berpengaruh pada kesehatan tubuh seperti berkurangnya konsentrasi, nyeri di bagian punggung, rasa lelah yang berlebihan hingga insomnia atau gangguan tidur. Agar terhindar dari masalah tersebut ketika diharuskan untuk bekerja lembur ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Perhatikan Jumlah Asupan

Saat merasa terlalu lelah, biasanya seseorang malas untuk makan. Padahal tubuh yang bekerja terus-menerus memerlukan asupan yang cukup untuk menghasilkan banyak energi. Selain itu, perhatikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

2.    Pilihlah Camilan Sehat

Terkadang bekerja lembur membuat seseorang menjadi lebih sering untuk mengemil. Namun, selalu pastikan bahwa sedang mengkonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan segar, biskuit sayuran, biskuit gandum, yogurt, kacang almond dan lain sebagainya. Sebaiknya hindari mengkonsumsi snack dalam kemasan, junk food dan minuman bersoda karena akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

3.    Siapkan Jam Olahraga

Supaya tubuh tidak menjadi kaku selama bekerja dan peredaran darah menjadi lancar, cobalah untuk menyisakan waktu luang atau jam lembur untuk berolahraga seperti melakukan olahraga ringan selama 30 menit.

4.    Beristirahat dengan Cukup

Selain dapat menguras tenaga, bekerja lembur juga dapat menguras pikiran. Oleh karena itu, pastikan bahwa tubuh mendapatkan waktu istirahat dengan cukup yaitu sekitar 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Selain berguna untuk tetap sehat ketika bekerja lembur, tips ini juga bermanfaat untuk membuat tubuh tetap fit ketika menjalankan semua aktivitas sehari-hari sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit serius. (Baca juga: Tips Tetap Semangat Bekerja Ketika Sedang Sakit)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D