Tips Mengembalikan Kebugaran Tubuh Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan, terutama melahirkan secara normal terkadang akan menguras tenaga bahkan dapat menyebabkan rasa lelah yang sulit untuk dipulihkan. Untuk mengatasi rasa lelah tersebut dapat diatasi dengan melakukan olahraga agar kembali fit setelah melahirkan. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukannya minimal 2 minggu dan harus tetap disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh.


Tips mengembalikan kebugaran tubuh pasca melahirkan
Image Source: pixabay.com
Sementara bagi ibu yang melakukan persalinan secara Caesar harus lebih bersabar untuk melakukan kegiatan olahraga setelah melahirkan karena membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama jika dibandingkan dengan melahirkan normal. Tetapi untuk keduanya tetap tidak disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena akan mempengaruhi kadar laktat di dalam ASI.

1.    Berjalan Santai

Sempatkan waktu untuk melakukan jalan santai secara rutin di pagi atau sore hari.

2.    Yoga

Selain dapat mengembalikan kebugaran setelah melahirkan, yoga juga merupakan latihan fisik yang dapat mempengaruhi fleksibilitas, membuat menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres.

3.    Jangan lupakan sarapan

Jika ingin mengembalikan kebugaran pasca melahirkan, biasakan diri untuk sarapan untuk memenuhi kebutuhan energi sebelum aktivitas.

4.    Mengkonsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dapat memberikan tambahan energi pada tubuh. Selain itu, penuhilah kebutuhan cairan agar terhindar dari dehidrasi.

5.    Mendengarkan Musik

Ketika bayi sudah tertidur, pakailah waktu tersebut untuk mendengarkan musik sehingga pikiran menjadi lebih nyaman dan rileks.

6.    Melakukan Spa

Cara terakhir untuk mengembalikan kebugaran dapat dilakukan dengan melakukan Spa atau pemijatan yang difokuskan pada betis paha dan payudara.

Selain berguna untuk mengembalikan kebugaran tubuh pasca melahirkan, tips ini juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh pasca melahirkan. (Baca juga: Tips Mengatasi Keputihan pada Wanita Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D