Tips Mengecek Kesehatan Tubuh Melalui Warna Lidah

Setiap orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat dan bugar agar dapat menjalani aktivitas dengan maksimal tanpa harus merasa khawatir terkena gangguan penyakit. Namun, masih ada saja beberapa orang yang tetap menjalankan pola hidup yang tidak sehat meskipun mereka sudah mengetahui dampaknya. 
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/mulut-terbuka-perempuan-lidah-gigi-312558/

Penyakit atau gangguan kesehatan biasanya akan dirasakan gejalanya apabila kondisinya sudah masuk dalam tahap kronis, padahal untuk mengetahui kondisi tersebut tubuh sudah memberikan tanda yang dapat diketahui dengan mudah. Selain kaki, ternyata lidah juga dapat mendeteksi mengenai kondisi kesehatan tubuh berdasarkan warnanya.

1.    Berwarna Putih

Pada umumnya, kondisi lidah yang menggambarkan kondisi tubuh yang sehat adalah berwarna merah mudah. Jika, mempunyai lidah berwarna keputih-putihan maka hal tersebut menggambarkan bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) dan sariawan. Selain itu, kondisi lidah dengan warna seperti ini biasanya banyak ditemukan pada perokok.

2.    Berwarna Merah

Menurut hasil penelitian, lidah berwarna merah disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin atau sedang terjangkit demam berdarah. Pasalnya, lidah memerah disebabkan karena kondisi panas tubuh yang melebihi batas normal.

3.    Berwarna Kuning

Lidah berwarna kuning merupakan tanda bahwa tubuh berada dalam kondisi berbahaya karena adanya sarang bakteri di dalam mulut. Lidah yang berwarna kuning atau hitam disebabkan karena kurangnya kebersihan mulut yang dapat menjadi sumber penyakit masuk ke dalam tubuh.

4.    Berwarna Ungu

Pada umumnya lidah yang berwarna ungu disebabkan karena sering mengkonsumsi makanan dingin, namun juga bisa menandakan bahwa terdapat masalah pada daerah tenggorokan atau tubuh sedang mengalami masalah bronkitis kronis.

5.    Berwarna Coklat

Jika lidah berwarna coklat, tanpa alasan yang pasti maka kemungkinan bahwa tubuh sedang mengalami penyakit kanker.

Semakin berbeda warnanya, maka semakin mudah dikenali bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan. Apabila mempunyai lidah dengan salah satu warna tersebut, segera konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Baca juga: Tanda Gangguan Kesehatan yang Dilihat dari Kaki)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D