Tanda-Tanda Orang yang Menderita Penyakit Hipokondria

Hipokondria merupakan kondisi dimana perasaan seseorang yang merasa dirinya sedang menderita sebuah penyakit serius namun tidak ditemukan adanya penyakit apapun. Orang yang mengalami hipokondria umumnya akan terus merasa panik, gelisah dan sering mempunyai perasaan negatif mengenai kesehatannya sehingga dapat membuat penderita dan orang lain di sekitarnya menjadi kerepotan.

Tanda-tanda orang yang menderita penyakit hipokondria

Pada umumnya, seseorang yang menderita penyakit hipokondria beranggapan bahwa dirinya sedang  terserang kanker otak saat merasa pusing atau menyangka dirinya terkena gejala kanker apabila terserang batuk, walaupun yang dirasakan hanyalah tahap yang ringan. Penyakit ini memang berhubungan dengan rasa cemas yang berlebihan mengenai kesehatannya sehingga penderitanya dapat dikatakan juga menderita gangguan mental. Untuk mengetahui penyakit ini, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai tanda-tanda orang yang mengidap penyakit hipokondria.

1.    Jika masalah kesehatan menyerang, maka akan selalu dipikirkan

Apabila ada salah satu bagian tubuh mengalami masalah, padahal tubuhnya dalam keadaan yang baik penderita hipokondria menjadi murung karena selalu memikirkan hal itu. Hal ini dapat membuat stres hingga dapat membuat tubuh benar-benar terserang penyakit.

2.    Terlalu sering berkonsultasi dengan dokter

Orang yang menderita gangguan mental hipokondria yang sedang mempunyai masalah kesehatan, biasanya akan langsung melakukan diagnosa terhadap dirinya sendirinya. Kemudian, dia akan berkonsultasi dengan dokter tentang penyakitnya tetapi biasanya diagnose yang dilakukan penderita gangguan mental ini tidak terbukti.

3.    Mempunyai obsesi pada tes medis dan hasilnya

Penderita penyakit ini akan lebih sering melakukan tes medis karena sering merasa bahwa dirinya sedang mengidap penyakit serius. Biasanya kebiasaan ini dilakukan seminggu sekali bahkan lebih. Hal yang sering diperiksakan adalah kondisi sederhana seperti tekanan darah tinggi hingga pemeriksaan yang lebih berat, kemudian dia akan merasa sangat khawatir dengan hasilnya meskipun hasilnya tidak menunjukkan adanya penyakit apapun.

4.    Sering merasa cemas

Gejala umum penderita penyakit gangguan mental ini adalah sering merasa cemas, mereka cenderung berlebihan karena ketika sedang bersin mereka menyangka terkena penyakit berat.

5.    Sering Menceritakan Hal yang Dialami

Penderita penyakit hipokondria lebih sering menghabiskan waktunya untuk bercerita kepada orang lain tentang penyakitnya. Biasanya orang di sekitarnya akan merasa bosan dan mulai mengabaikannya.

Jika mengalami gejala tersebut, segeralah pergi ke psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar dapat disembuhkan dari penyakit ini. (Baca juga: Gejala dan Penanganan Penyakit Rabies)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D