Tanda-Tanda Kehamilan di Bulan Pertama

Masa kehamilan pada bulan pertama dapat diketahui dengan perubahan fisik dan psikologi wanita. Pada masa ini kehamilan janin di dalam rahim sudah mulai tumbuh sehingga membuat rahim mengumpulkan protein dan energi dalam jumlah yang lebih besar untuk menjaga tumbuh kembang janin. Untuk mengetahui masa kehamilan pertama dapat dilihat dari beberapa gejala yang dialami.

1.    Menstruasi Terhenti

Tanda-tanda kehamilan di bulan pertama
Image Source: pixabay.com
Tanda kehamilan yang sudah dijadikan tolok ukur adalah siklus menstruasi yang terhenti karena ovum yang terbuahi akan menjadi calon janin sehingga tidak akan muncul sebagai darah menstruasi.

2.    Morning Sickness

Tanda kehamilan selanjutnya adalah terjadinya morning sickness atau mual dan muntah yang di alami di pagi atau malam hari. Biasanya morning sickness akan berlangsung selama satu hingga tiga bulan kehamilan dan akan sembuh dengan sendirinya.

3.    Mengeluarkan Bercak Darah

Kemudian akan ditandai dengan keluarnya bercak darah karena proses implantasi embrio yaitu proses melekatnya janin pada rahim. Namun, darah yang dikeluarkan dalam jumlah sedikit dan tidak akan berlangsung lama yaitu hanya sekitar 1-2 hari.

4.     Suhu Badan Meningkat

Pada saat ovulasi suhu tubuh wanita akan mengalami kenaikan dari kondisi normal pada umumnya karena saat hamil satu bulan, tubuh wanita bekerja untuk mengumpulkan energi sehingga menyebabkan jumlah darah di dalam tubuh meningkat hingga 50%.

5.    Mudah Merasa Lelah

Kebutuhan nutrisi dan kinerja tubuh akan mengalami peningkatan sehingga dapat membuat tubuh ibu hamil cepat dan mudah merasa lelah.

6.    Pusing Hingga Pingsan

Wanita yang mempunyai riwayat tekanan darah rendah seringkali mengalami pusing yang lebih intens dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki riwayat gangguan tersebut. Kemungkinan besar rasa pusing juga akan membuat ibu hamil menjadi pingsan.

7.    Sakit Punggung

Walaupun kondisi fisik masih belum mengalami banyak perubahan pada awal kehamilan, namun gejala yang dapat dikenali adalah sakit punggung yang disebabkan oleh dorongan beban rahim.

8.    Ngidam Makanan

Kemungkinan yang terjadi pada kehamilan bulan pertama adalah ngidam makanan akibat perubahan hormin di dalam tubuh sehingga ibu hamil ingin memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan janinnya.

Jika mengalami tanda-tanda ini segera lakukan tes dengan alat tes kehamilan atau tes pack untuk memastikan kebenarannya. Apabila sudah terbukti hamil, segera periksakan kondisi kehamilan pada dokter. (Baca juga: Cara Mengatasi Kerontokkan Rambut saat Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D