Perbedaan Kesehatan Menggunakan Jenis-jenis Toilet

Di belahan bumi bagian barat, penggunaan toilet dengan model duduk merupakan hal yang sudah diketahui oleh masyarakat dunia. Namun, di Indonesia  yang pada awalnya lebih banyak menggunakan model jongkok sekarang mulai beralih menggunakan toilet duduk. Lantas, manakah yang lebih baik antara toilet duduk dengan toilet jongkok?
 
Seorang ilmuan dari Jerman yang bernama Giulia Enders menjawab bahwa toilet duduk tidak dapat membantu buang air secara sehat karena posisi buang yang lebih efisien adalah dalam posisi jongkok. Sedangkan dalam posisi duduk justru akan memperpanjang proses buang air dan akan menyebabkan terjadinya penyakit usus dan wasir. Hal itu disebabkan karena mekanisme pembuangan dari usus berbentuk seperti saluran yang berbelit yang tidak didesain khusus untuk membuka sepenuhnya saat dalam posisi berdiri sehingga posisi jongkok merupakan posisi terbaik untuk membantu membuka dengan baik dan dapat mengurangi adanya tekanan pada bagian pantat.


Jenis-jenis toilet
Selain itu, toilet duduk juga akan menyebabkan penyakit berbahaya karena tempat yang dipakai bergantian dan menempel pada kulit. Kuman, bakteri, dan virus pada toilet duduk akan lebih cepat berpindah pada tubuh manusia saat bersentuhan langsung dengan kulit sehingga selalu jaga kebersihan ketika menggunakan fasilitas toilet umum, karena meskipun sudah terlihat bersih bukan jaminan tidak adanya bibit penyakit yang mematikan.

Namun, jika sudah terlanjur mempunyai toilet duduk di rumah sebaiknya jagalah tingkat kesehatan dan kebersihannya dengan cara membersihkan toilet secara teratur yaitu selama 2 kali dalam sehari. (Baca juga: Kebiasaan Menyikat Gigi yang Sebaiknya Dihilangkan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D