Pantangan Makanan dan Minuman bagi Penderita Rematik

Rematik merupakan jenis penyakit yang menyerang anggota persendian, tulang, otot dan jaringan pada sekitar sendi. Pada umumnya penyakit ini banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia dimana sendi telah mengalami penurunan fungsi. Para penderitanya sering mengalami keluhan seperti merasa ngilu, kaku, nyeri, kaku dan susah menggerakkan tubuh, namun rasa sakit yang ditimbulkan sama seperti keseleo yang disertai dengan masalah peradangan pada persendian dan bagian kulit terlihat memerah.
 
Meskipun penyakit ini sering diderita oleh orang tua, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang di usia muda. Salah satu faktor munculnya rematik di usia muda adalah pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan mandi di malam hari. Orang yang menderita rematik mempunyai pantangan untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Pantangan makanan dan minuman penderita rematik

1.    Tomat

Tomat merupakan sayuran yang menjadi pantangan penderita penyakit rematik, apalagi dimakan saat di pagi hari. Hal itu disebabkan karena di dalam tomat terdapat kandungan purin yang dapat memperparah kondisi penyakit rematik.

2.    Daging Merah

Jenis makanan yang menjadi pantangan penderita rematik adalah daging merah, karena di dalamnya mengandung fosfor yang sangat banyak. Asupan fosfor yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan kalsium di dalam tulang menjadi menghilang sehingga dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan memperparah kondisi penyakit rematik.

3.    Kafein

Usahakan agar menghindari atau mengurangi kebiasaan minum kopi di pagi hari, khususnya bagi penderita rematik. Hal tersebut disebabkan karena di dalam kopi terdapat kandungan kafein tinggi yang dapat merusak nutrisi penting di dalam tubuh.

Setelah mengetahui informasi ini para ahli menganjurkan agar, mengurangi dan menghindari makanan tersebut supaya tidak memperparah kondisi penyakit rematik. (Baca juga: Makanan & Minuman Penyebab Sulit Tidur / Insomnia)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D