Mengenal Racun Psikologi dan Cara Mengatasinya

Keberadaan sifat manusia ditimbulkan dari gen dan kebiasaan yang biasa mereka lakukan serta peran lingkungan sekitarnya. Apabila sudah membahas tentang dan sifat seseorang tentunya berhubungan dengan dunia psikologi yang merupakan ilmu untuk mempelajari dan mengontrol sifat manusia. Walaupun demikian, ada beberapa hal negatif dari dunia psikologi yang dapat meracuni pikiran manusia.

Mengenal racun psikologi

1.    Ketakutan

Setiap manusia pasti mempunyai sifat dasar berupa ketakutan, namun hal ini dapat menjadi racun psikologi ketika rasa takut menjadi semakin besar dengan hal-hal yang sebaiknya tidaklah perlu untuk ditakuti. Kondisi ini muncul akibat adanya krisis yang berkaitan dengan kepercayaan diri sehingga hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menciptakan sebuah keberanian.

2.    Narsistik

Narsitik merupakan gangguan psikologi dimana seseorang menjadi sangat memuja dirinya sendiri karena mempunyai perasaan yang sangat sombong. Pada awalnya, mungkin hal ini terlihat lucu namun jika sudah berlebihan dapat memberikan masalah yang serius terutama akan berdampak pada dunia sosialnya. Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan bersikap rendah diri dan rendah hati serta kurangi hal-hal yang membuat diri sendiri merasa mengetahui segalanya.

3.    Stagnansi

Stagnasi merupakan keadaan dimana seseorang mengalami puncak kebosanan akan segala sesuatu yang sudah dilakukan. Rasa bosan dan jenuh akan membuat seseorang yang mengalaminya tidak mempunyai gairah hidup. Jika dibiarkan begitu saja hal ini akan memberikan dampak yang buruk seperti depresi, frustasi, bahkan bunuh diri. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menemukan cita-cita hidup yang diinginkan.

4.    Menghindar

Jenis racun psikologi yang terakhir adalah menghindar dari adanya kenyataan hidup, menghindari masalah dan melupakan tanggung jawabnya yang disebabkan oleh rasa keputus asaan. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan terus mengembangkan diri untuk berpikir dan mencari jalan keluar terbaik ketika menghadapi masalah.

Selain dapat mempengaruhi kesehatan jiwa atau mental, jika tetap dibiarkan secara terus menerus racun-racun psikologi ini juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kegelisahan yang Berlebihan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D