Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

Serat merupakan salah satu nutrisi yang terdapat di dalam makanan terutama di dalam buah-buahan dan sayuran yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan terutama di dalam organ usus. Usus memerlukan banyak asupan serat agar dapat mengangkut bahan makanan lain dan menghasilkan tinja. Kekurangan asupan serat akan menyebabkan beberapa resiko penyakit seperti sembelit, wasir, diabetes, kanker dan lain sebagainya. Ada banyak manfaat serat terhadap kesehatan tubuh yang wajib untuk diketahui khususnya bagi mereka yang tidak suka mengkonsumsi sayuran.


Manfaat serat
1.    Mencegah Penyakit Jantung

Makanan yang kaya akan kandungan serat bisa membantu tubuh untuk mengelola kesehatan jantung sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

2.    Mencegah Penyakit Polip Usus

Penyakit polip usus disebabkan karena usus mengalami peradangan yang dipicu oleh makanan yang menumpuk karena tidak bisa keluar menjadi fesses. Hal itu disebabkan karena adanya bakteri dan jamur yang berasal dari makanan yang terkontaminasi sehingga menimbulkan reaksi peradangan.

3.    Mengatur Kadar Gula Darah

Kadar gula di dalam darah diatur oleh insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas dari proses pemecahan karbohidrat oleh sel-sel di dalam darah. Mengkonsumsi makanan berserat secara teratur akan meningkatkan proses penyerapan makanan menjadi lebih baik lagi sehingga tidak terjadi pengumpalan kadar gula di dalam darah.

4.    Membantu Pergerakan Usus

Dengan mencukupi kebutuhan serat dapat meningkatkan sistem pergerakan di usus untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Selain itu, juga dapat membuat fesses menjadi lebih lembut sehingga usus tidak akan bekerja terlalu keras, dapat mencegah sembelit, wasir dan mengurangi diare.

5.    Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 3 merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin. Hal tersebut dapat dicegah dengan mencukupi asupan serat setiap harinya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengatur kadar gula darah dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Mulailah untuk mencukupi kebutuhan serat setiap harinya, yaitu sekitar 25 gram per hari untuk wanita di bawah usia 50 tahun dan 21 gram sehari untuk wanita berusia di atas 50 tahun. Sedangkan untuk pria kebutuhan serat yang diperlukan adalah sekitar 38 gram per hari untuk usia di bawah 50 tahun dan 30 gram per hari untuk pria di atas 50 tahun. (Baca juga: Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D