Manfaat Sayur Kangkung bagi Ibu Hamil

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai proses pertumbuhan yang cukup cepat, sayuran ini juga merupakan tanaman tropis yang bisa hidup di tanah yang lembab dan berair. Di Indonesia, kangkung adalah makanan yang populer karena sebagian besar masakan nusantara menggunakan kangkung sebagai komponennya seperti pelcing kangkung, urab kangkung, pecel dan lain sebagainya.

Manfaat sayur kangkung

Selain banyak dikonsumsi karena rasanya yang renyah, sayuran ini mempunyai banyak kandungan gizi seperti serat, selenium, asam amino, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Tak heran bahwa para ahli mengatakan bahwa kangkung sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

1.    Mengatasi Insomnia

Kandungan mineral zinc dan selenium di dalamnya mempunyai pengaruh untuk membuat rasa kantuk karena keduanya memiliki unsur zat sedatif yang dapat menjadikan syaraf menjadi kendur dan rileks. Oleh karena itu, sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mereka dianjurkan untuk mempunyai kualitas tidur yang baik yaitu tidak kurang dari 8 jam setiap malam.

2.    Mengatasi Diabetes Selama Kehamilan

Kandungan zat yang terdapat di dalam sayuran ini mampu merangsang produksi insulin selama masa kehamilan, sehingga berguna untuk mengatasi masalah diabetes.

3.    Memperlancar ASI

Kandungan nutrisi di dalam kangkung mempunyai kemampuan untuk memperlancar ASI sehingga bak dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Meskipun kangkung mempunyai beberapa manfaat untuk ibu hamil, namun para ahli menganjurkan agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. (Baca juga: Kandungan dan Manfaat Paprika Hijau untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D