Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Tubuhpixabay.com

Arung jeram merupakan salah satu jenis olahraga air yang tergolong estrim, namun olahraga ini dapat dilakukan oleh semua orang termasuk bagi orang yang belum berpengalaman. Media olahraga ini adalah sungai yang mempunyai debit air khusus dengan adanya gelombang dan halangan lainnya. Selain dikenal sebagai olahraga yang mengasyikan, ternyata olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Manfaat olahraga arung jeram untuk kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
1.    Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Meskipun para peserta arung jeram hanya terlihat duduk di perahu dan bergerak sesuai dengan gelombang air, namun olahraga ini dapat membuat otot tubuh menjadi terlatih karena ketika perahu bergerak badan dituntut untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Selain itu, saat air tidak banyak menggerakkan perahu maka harus digerakkan dengan tenaga dayung dari semua peserta.

2.    Membakar Kalori

Jika berbagai jenis gerakan olahraga ini dilakukan secara terus menerus, yaitu mendanyung kuat untuk mempertahankan perahu saat berada dalam debit air yang kencang maka tanpa disadari sistem metabolisme tubuh akan membakar kalori lebih cepat.

3.    Memperkuat Otot Jantung

Ketika melakukan olahraga ini, biasanya para peserta akan merasa khawatir, takut, dan penasaran sehingga dapat membuat jantung bekerja lebih cepat.

4.    Membersihkan Organ Paru-paru

Biasanya lingkungan alam yang biasanya dipakai sebagai tempat arung jeram merupakan tempatyang asri sehingga para peserta dapat menghirup udara segar untuk membersihkan dan menyehatkan organ paru-paru.

Jika secara keseluruhan olahraga ini dilakukan sesuai dengan prosedur maka tidak akan menimbulkan bahaya. Perhatikan keselamatan dengan memperhatikan dan melaksanakan semua instruksi yang sudah diberikan salah satunya adalah dengan mengenakan pelampung. (Baca juga: Tips Melakukan Olahraga saat Sedang Terkena Flu)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D