Manfaat Menjadi Vegetarian bagi Kesehatan Tubuh

Vegetarian merupakan sebuah sebutan untuk orang-orang yang mengkonsumsi makanan dari jenis tumbuhan saja. Namun, ada beberapa vegetarian yang terkadang masih mengkonsumsi makanan dari jenis ikan atau beberapa produk olahan lain yang berasal dari hewani seperti telur, susu, keju dan lain sebagainya. Meskipun lebih banyak mengkonsumsi makanan dari sumber nabati, namun mereka mampu bertahan dengan pola makan yang mereka jalankan karena gaya hidup seperti ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


  1.    Menjaga Berat Badan

Manfaat menjadi vegetarian bagi kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
Mengkonsumsi daging secara terus-menerus mampu meningkatkan berat badan seseorang, sedangkan seorang vegetarian mampu memiliki berat badan yang ideal karena sumber nabati yang dikonsumsi banyak mengandung antioksidan dan serat yang cukup.

2.    Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Berbagai jenis makanan yang mereka konsumsi seperti kacang-kacangan, gandum dan beberapa jenis nabati lainnya merupakan makanan yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3.    Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Sumber nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral, antioksidan yang terkandung di dalam sayuran berperan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia salah satunya dapat mencegah dan melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

4.    Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi yang terdapat di dalam sayuran mampu memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat menyehatkan organ-organ pencernaan, mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

5.    Menyehatkan Kulit

Sayuran mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan kulit karena mampu memperlancar peredaran darah dan melindungi pigmen kulit.

Tidak ada pantangan untuk menjadi seorang vegetarian, namun ketika ingin melakukannya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter karena dokter akan memberikan beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi.(Baca juga: Manfaat Musik untuk Mengembalikan Ingatan Akibat Cidera)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D