Manfaat Mengkonsumsi Ikan Betutu bagi Kesehatan

Ikan betutu memiliki nama latin Oxyeleotris Mamorata yang hidup di perairan air tawar, ikan ini identik dengan adanya pola-pola pada tubuhnya dengan warna yang menyerupai batu pualam. Namun, ikan ini hanya bisa ditemukan pada perairan tertentu karena tidak dapat dikembangbiakkan seperti ikan lainnnya.

Manfaat ikan betutu

Walaupun merupakan salah satu jenis ikan yang susah untuk didapatkan, namun jika diolah ikan betutu dapat menjadi makanan yang nikmat karena mempunyai daging yang lembut dengan rasa yang gurih. Selain itu, ikan ini juga kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh.

1.    Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan betutu kaya akan kandungan vitamin E sehingga dapat menjaga kesehatan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini.

2.    Membantu Penyembuhan Pasca Operasi

Kandungan albumin di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membuat jahitan pasca operasi menjadi cepat kering karena albumin berguna untuk mempercepat penyatuan jaringan kulit dan dapat menyembuhkan rasa nyeri pasca operasi.

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari kandungan albumin yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit.

4.    Mengobati Penyakit Hepatitis

Selain itu khasiat kandungan albumin di dalamnya juga dapat mengobati penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi ikan ini tubuh mampu memperbaiki hati dalam memproduksi albumin sehingga hepatitis dapat disembuhkan.

5.    Mengatasi Autis

Berbagai kandungan vitamin yang terdapat dalam dagingnya dipercaya dapat digunakan sebagai terapi para penderita autis.

Meskipun memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan penyakit, namun tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena segala sesuatunya yang dikonsumsi berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik.(Baca juga: Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Nila)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D