Manfaat Daging Belut dan Efek Sampingnya

Daging belut merupakan makanan yang banyak dicari oleh masyarakat terutama bagi pengusaha rumah makan atau restaurant. Daging hewan ini memang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat karena rasanya yang gurih dan mempunyai kandungan gizi yang hampir sama dengan ikan sehingga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daging belut

1.    Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor di dalamnya berperan untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang dan dapat meminimalisir terjadinya pengeroposan tulang.

2.    Mencegah Anemia

Kandungan zat besinya akan mempengaruhi pembentukan hemoglobin pada sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengatasi anemia.

3.    Menambah Energi

Jumlah yang terkandung di dalam daging hewan ini dapat memenuhi asupan yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

4.    Sumber Vitamin

Di dalamnya terdapat beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C. kandungan vitamin tersebut mempunyai perannya masing-masing yaitu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah di otak dan lain sebagainya.

Meskipun daging belut mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, namun harus tetap dikonsumsi dalam porsi yang bijaksana karena di dalamnya terdapat kandungan lemak tinggi. Jika ingin tetap mengkonsumsi daging belut meskipun mempunyai kadar kolesterol tinggi, dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging belut panggang karena proses pembakaran yang dilakukan dapat membuat kandungan lemaknya berkurang. Apabila dikonsumsi dengan dikonsumsi setelah di goreng, maka dapat meningkatkan kandungan lemak di dalamnya. (Baca juga: Manfaat Mengkonsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D