Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin kebanyakan orang belum mengenal buah gandaria, buah ini identik dengan rasanya yang asam manis yang mempunyai biji kecil mirip kelereng berwarna ungu. Buah ini banyak diolah menjadi rujak, jus dan dapat dikonsumsi secara langsung. Selain memiliki rasa yang menyegarkan gandaria juga mempunyai kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, betakaroten, niacin, thiamin, riboflavin, serat, kalsium, fosfor, zat besi, air, protein, lemak dan karbohidrat. Semua kandungan tersebut mempunyai fungsi masing-masing sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat buah gandaria

1.    Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C di dalamnya berperan untuk membantu pembentukan kolagen sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.

2.    Mempercepat Penyembuhan Luka

Di sisi lain kandungan vitamin C yang dimilikinya juga ikut membantu dalam proses metabolisme protein yang akan membuat stimulus regenerasi sel-sel tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan air yang tinggi dapat membantu prose penyerapan zat besi secara lebih efektif dan kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menstabilkan produksi sel-sel darah putih sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4.    Mengobati Sariawan

Biasanya, penyakit sariawan  disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin C sehingga perlu untuk mengkonsumsi buah gandaria karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C lebih dari 60 mg per buahnya.

5.    Menjaga Kesehatan Mata

Selain memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E, di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin A yang berperan untuk menjaga kesehatan mata.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun buah ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C yang sangat banyak sehingga dapat memberatkan fungsi organ hati dan ginjal. (Baca juga: Jenis Buah yang Berguna untuk Mengobati Hipertensi)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D