Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Rosella bagi Kesehatan

Rosella merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam salah satu tanaman herbal karena khasiatnya. Tanaman yang berasal dari negara Afrika ini sering dimanfaatkan sebagai obat herbal, mulai dari bunga, daun, hingga akarnya. Namun, bagian tanaman yang banyak diolah sebagai teh adalah bunga atau daunnya. Biasanya teh rosella mempunyai rasa yang khas dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daun rosella

Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan dijelaskan mengenai kandungan gizi dan manfaat daun rosella bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 atau thiamin berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi kesehatan tubuh.

2.    Vitamin B2

Kandungan vitamin ini mampu meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

3.    Vitamin C

Selain berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, kandungan vitamin ini juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit ringan seperti batuk dan influenza.

4.    Vitamin D

Vitamin jenis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan dapat membantu memperbaiki serta menjaga konstruksi tulang sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan gangguan tulang lainnya.

5.    Betakaroten

Betakaroten mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya dapat mencegah kanker dan dapat membantu memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem pernapasan.

6.    Kalsium

Sama halnya seperti vitamin D, kalsium juga mampu menjaga kesehatan tulang, memperkuat tulang serta dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit dan kelainan tulang.

7.    Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu golongan mineral yang berguna untuk melancarkan peredaran merah dan dapat membantu proses penyembuhan luka.

8.    Potassium

Selain dapat memberikan efek yang mengenyangkan, potassium juga berguna untuk memberikan energi untuk tubuh sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu pengganti karbohidrat.

Meskipun mempunyai banyak kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun daun tanaman herbal ini tidak boleh dikonsumsi atau digunakan dengan kadar yang berlebihan. (Baca juga: Kandungan dan Manfaat Tumbuhan Jelatang untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D