Kalori di Dalam Buah Pisang dan Hasil Olahannya

Hampir setiap orang menyukai buah pisang, selain mempunyai rasa yang enak buah ini juga terkenal karena kandungan nutrisi di dalamnya. Di dalamnya juga terdapat kandungan kolesterol rendah sehingga dapat membantu menyeimbangkan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Namun, apakah semua manfaat tersebut masih bisa didapatkan apabila mengkonsumsi pisang dalam bentuk olahan lain?

Kalori buah pisang
Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dari hasil olahan pisang, terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai jumlah kalori dalam buah pisang sesuai dengan ukurannya. Pisang yang mempunyai berat sekitar 81 gram dan panjang sekitar 6 inci mengandung sekitar 75 kalori. Sedangkan di dalam pisang dengan ukuran sedang yaitu 6-7 inci mengandung sekitar 90 kalori. Sementara untuk pisang berukuran 8-9 inci mengandung 105 hingga 135 kalori.

Apabila diolah menjadi berbagai olahan pisang, seperti keripik pisang yang digoreng maka kandungan kalorinya akan bertambah yaitu sekitar 519 kalori per gramnya. Jika di olah menjadi sepotong roti pisang maka jumlah kalorinya menjadi 237 kkal. Selain itu, pisang juga dapat di olah menjadi milkshake pisang manis dan lezat yang mengandung kalori sebanyak 610 kkal, jumlah ini merupakan jumlah kalori terbanyak melebihi pisang goreng yang hanya mengandung 155 kalori per 100 gramnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi refrensi kesehatan, terutama bagi yang menjalankan program diet rendah kalori. Sebaiknya cermatlah memilih dan menghitung jumlah kalori yang terkandung di dalam pisang dan semua hasil olahannya. (Baca juga: Berapa Jumlah Kandungan Kalori Roti Gandum?)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D