Jenis-jenis Kutil yang Harus Diktahuietahui

Di dalam dunia medis, kutil dikenal dengan nama papilloma yang merupakan sejenis tumor jinak yang tumbuh pada permukaan kulit. Kutil disebabkan oleh adanya penebalan lapisan kulit yang berlebihan sehingga muncul di permukaan. Bentuk kutil bermacam-macam dari yang kecil hingga yang besar, kondisi kelainan kulit ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit jika dipegang namun bila terlalu besar bisa saja berdarah bahkan lecet. 

Jenis-jenis kutil

Secara umum kutil atau papilloma dibedakan menjadi empat kelompok yaitu, common warts, verracas, plane wars dan filiform wars. Untuk mengetahui apa saja perbedaan dan ciri-cirinya, bacalah artikel ini hingga selesai.

1.    Common Warts

Kutil jenis ini biasanya disebut dengan istilah plak atau papula karena mempunyai permukaan kasar dan mempunyai tekstur berupa benjolan yang tebal. Common warts biasanya sering timbul di jari, siku dan lutut.

2.    Verrucas

Jenis kutil ini biasanya muncul di telapak kaki, tumit dan jari kaki. Biasanya jenis kutil ini akan terasa menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki, biasanya mempunyai ciri-ciri seperti titik hitam di bagian tengah dengan daerah putih disekitarnya.

3.    Plane Warts

Kutil jenis ini biasanya berbentuk bulat, mulus, dan datar dan pada umumnya mempunyai warna yang sesuai dengan warna kulit penderitanya. Biasanya jenis ini sering ditemukan pada bagian tangan, kaki dan wajah.

4.    Filifrom Warts

Ciri-ciri jenis ini mempunyai bentuk panjang dan biasanya ditemukan pada bagian kelopak mata, ketiak dan leher.

Kebanyakan jenis kutil memang tidak memerlukan perawatan medis secara khusus karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika kutil menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, dapat menyebar ke daerah lain dan tumbuh kembali setelah hilang sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Baca juga: Kenali Gejala Alergi Telur pada Anak)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D