Efek Samping Operasi Plastik bagi Kesehatan Tubuh

Mempunyai wajah yang cantik dan sempurna adalah impian setiap wanita terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan penampilan. Untuk mewujudkannya mereka rela untuk melakukan apa saja seperti menggunakan krim pencerah bahkan ada yang mengambil langkah instan dengan melakukan operasi plastik.
 
Operasi plastik merupakan salah satu cara instan yang dapat merekonstruksi bagian tubuh sesuai dengan keinginan. Pasalnya, dengan melakukannya diharapkan tubuh yang mengalami kekurangan tersebut dapat berubah dan menjadi bentuk yang sempurna serta sesuai dengan apa yang diinginkan.

Efek samping operasi plastik bagi kesehatan tubuh
Image Source: pixabay.com
Melakukan cara instan seperti operasi plastik memang mempunyai banyak  keuntungan untuk menunjang penampilan dan kecantikan. Namun, tidak sedikit sebuah operasi plastik yang berujung pada kegagalan sehingga dapat membuat wajah menjadi semakin terlihat aneh. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukannya ketahuilah efek sampingnya bagi kesehatan tubuh.

1.    Pendarahan

Setelah melakukan operasi, biasanya pasien akan mengalami pendarahan. Apabila tidak segera dihentikan, pendarahan akan menyebabkan terjadinya komplikasi dan pembekuan darah sehingga dapat membuat warna kulit menjadi ungu atau biru kehitaman yang disebut dengan hematoma.

2.    Reaksi Anestesi

Efek samping selanjutnya adalah reaksi anestesi, anestesi adalah tindakan yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit ketika pasien mengalami proses pembedahan atau operasi plastik. Kemungkinan besar seseorang yang mempunyai riwayat medis tertentu memerlukan waktu lebih lama untuk sadar akibat reaksi tersebut. Selain itu, kemungkinan pasien juga akan mengalami reaksi yang lebih serius pada organ vital seperti jantung.

3.    Kerusakan Syaraf

Operasi plastik juga dapat memberikan efek samping yang lebih serius, yaitu dapat membuat kerusakan syaraf setelah operasi sehingga tubuh menjadi mati rasa.

4.    Terjadi Penggumpalan Darah

Biasanya pengumpalan darah akan terjadi setelah dilakukannya prosedur operasi plastik. Hal ini akan membuat pasien tidak boleh bergerak selama proses pemulihan berlangsung untuk mencegah terjadinya pengumpalan darah.

5.    Rasa Sakit dan Bekas Luka

Salah satu efek samping yang sering didapatkan pasca operasi plastik adalah rasa sakit dan bekas luka pada area sayaran. Rasa sakit tersebut dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi obat namun bekas luka yang didapatkan akan hilang setelah melakukan perawatan dengan biaya yang cukup mahal.

Meskipun dapat menjanjikan hasil yang memuaskan setelah melakukannya, namun melakukan operasi plastik juga harus dilakukan dengan tenaga medis yang sudah berpengalaman dan profesional agar tidak membahayakan kesehatan. (Baca juga: Jenis Suntik Silikon dan Efek Sampingnya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D