Efek Samping Kulit Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Pada saat ini banyak produk herbal yang memanfaatkan hasil ekstrasi dari kulit manggis karena mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Kulit manggis memang dikenal dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi sehingga banyak orang yang sudah mengkonsumsi ekstrak kulit manggis.

Efek samping kulit manggis

Kulit manggis juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Namun, dibalik segudang manfaat tersebut ternyata kulit manggis dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

1.    Gangguan Ginjal dan Usus

Di dalam kulit manggis terdapat kandungan serat kasar, resin dan tanin yang dapat mengendap dan membahayakan ginjal dan usus. Meskipun bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas namun endapan yang dihasilkan dapat membahayakan organ ginjal dan usus.

2.    Perut Kembung

Efek samping yang lainnya setelah mengkonsumsinya adanya perut menjadi terasa kembung yang disebabkan oleh adanya kecenderungan bahwa pasien mempunyai jenis penyakit lain selain penyakit utama yang ditemukan.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa instansi, mengkonsumsi kulit manggis untuk jangka pendek masih aman digunakan selama masih dalam takaran tidak lebih dari 750 gram.

Kulit manggis atau ekstrak kulit manggis tidak termasuk racun sehingga tidak akan mempengaruhi profil kimia di dalam darah, organ hati, dan ginjal apabila dikonsumsi dalam dosis yang bijaksana yaitu tidak lebih dari 750 gram karena segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik. (Baca juga: Efek Samping Lidah Buaya bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D