Ciri-ciri Tubuh yang Kekurangan Asupan Lemak

Lemak merupakan nutrisi yang identik dengan obesitas dan berbagai masalah kesehatan, sehingga membuat kebanyakan orang mengurangi bahan menghindari konsumsi lemak. Padahal tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat bekerja dengan baik karena kekurangan asupan lemak dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh.

1.    Sering Merasa Lapar

Ciri-ciri tubuh yang kekurangan asupan lemak
Image Source: pixabay.com
Tanda pertama saat tubuh kekurangan lemak adalah sering merasa lapar padahal baru saja selesai makan. Hal tersebut disebabkan karena tubuh memerlukan lebih banyak waktu untuk mencerna lemak daripada mencerna karbohidrat agar merasa kenyang lebih lama.

2.    Sulit untuk Berkonsentrasi

Di dalam lemak terdapat kandungan kalori yang lebih banyak jika dibandingkan dengan protein atau karbohidrat. Kekurangan kalori dapat membuat seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

3.    Kulit Menjadi Kering dan Kusam

Meskipun makanan berminyak dapat menganggu penampilan kulit, namun lemak sehat dapat membantu menyerap vitamin larut lemak sehingga dapat membuat kelembaban kulit tetap terjaga.

4.    Mudah Mengalami Gugup dan Depresi

Kemungkinan besar seseorang yang mudah merasa gugup disebabkan karena tidak mendapatkan asupan lemak esensial yang cukup. Lemak esensial tersebut terdiri atas omega 3 dan omega 6 yang banyak dijumpai di dalam ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan lain sebagainya.

5.    Haid Menjadi Tidak Teratur

Supaya hormon di dalam tubuh dapat bekerja dengan lancar, maka tubuh memerlukan asupan lemak yang cukup. Salah satu masalah yang terjadi ketika tubuh kekurangan lemak adalah hormon menjadi tidak lancar sehingga siklus menstruasi atau haid menjadi tidak teratur.

Selain dapat membuat tubuh menjadi sangat kurus kekurangan lemak juga dapat menyebabkan beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu penting untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi agar tetap seimbang. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Darah Stadium Awal Pada Anak)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D