Cara Mudah Menghindari Efek Negatif Waxing

Waxing merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang terdapat di permukaan kulit. Namun, tak jarang proses waxing ini menimbulkan efek negatif bagi kulit seperti kulit kering, kulit mudah terbakar bila terkena sinar matahari, infeksi, iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya. Jika ingin menghindari efek negatif dari waxing ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan waxing.  
                  
Sumber Gambar:
https://en.wikipedia.org/wiki/Dog_grooming#/media/File:Dog_brush.JPG

1.    Apabila mempunyai jenis kulit yang sensitif, sebaiknya jangan melakukan waxing karena kulit sensitif biasanya lebih rentan untuk terkena iritasi dan berbagai efek negatif lainnya yang disebabkan oleh waxing.
2.    Sebaiknya tidak melakukan waxing ketika sedang menjalani beberapa perawatan kulit karena beberapa perawatan kulit seperti perawatan vitamin A atau yang sering disebut dengan Accutane dapat membuat kulit menjadi beresiko untuk terluka.
3.    Sebelum melakukan waxing pastikan sudah membersihkan kulit terlebih dahulu dan pastikan bahwa kulit sudah benar-benar kering agar sisa-sisa keringat dan bakteri benar-benar hilang. Sebaiknya gunakan air hangat untuk menghilangkan bakteri untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri setelah waxing.
4.    Jika setelah waxing kemudian mengalami bintik-bintik kemerahan, kulit menjadi panas dan terjadi iritasi sebaiknya oleskan dengan es batu atau lotion pendingin pada kulit yang mengalami iritasi.
5.    Pastikan untuk menggunakan pakaian lengan panjang serta celana panjang setelah melakukan waxing. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit agar terhindar dari sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi teriritasi.
6.    Pastikan untuk selalu menjaga dan mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit setelah melakukan waxing. Pastikan pula untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mengkonsumsi buah dan sayuran yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit.

Jika ingin terhindar dari efek negatif dari waxing, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kecantikan untuk memeriksa kondisi kulit. (Baca juga: Efek Samping Facial Wajah bagi Kesehatan Kulit & Kecantikan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D