Cara Mengatasi Keracunan Makanan Secara Alami

Keracunan makanan dapat terjadi kepada setiap orang apabila mereka tidak berhati-hati dan teliti ketika memilih makanan yang dikonsumsi. Sebelum membeli makanan di luar, sebaiknya periksalah tanggal kadaluarsa, bau dan warna makanan karena bisa saja makanan yang dijual di pasaran memakai cara pengolahan yang tidak higienis sehingga membuat jamur dan bakteri berkembang biak di dalamnya secara cepat. Jika sistem kekebalan tubuh sedang menurunkan, mengkonsumsi makanan yang seperti itu akan menyebabkan keracunan. Biasanya keracunan mempunyai gejala seperti pusing, sakit perut, mual, muntah atau diare. Apabila sedang mengalami gejala tersebut, segera atasilah keracunan makanan dengan cara yang alami agar terhindar dari kondisi yang lebih serius.

Mengatasi keracunan makanan

1.    Jeruk Lemon

Kandungan rasa asam dan vitamin C di dalamnya berperan secara efektif untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam perut, caranya cukup campurkan air perasan jeruk lemon dengan sedikit garam untuk diminum.

2.    Air Putih

Seseorang yang mengalami keracunan dianjurkan untuk segera mengkonsumsi air putih karena dapat meringankan kondisi akibat keracunan, membantu tubuh mengeluarkan toksin, meringankan rasa mual dan dapat memberikan tenaga.

3.    Apel dan Pisang

Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalam kedua buah ini dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan karena berguna untuk mengatasi sakit perut akibat diare dan keracunan makanan.

4.    Delima / Pome

Sama halnya dengan jeruk lemon, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang berperan untuk membunuh dan melawan bakteri penyebab keracunan.

5.    Yogurt

Yogurt dapat dikonsumsi sebagai penawar racun karena memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk mengatasi dan membunuh bakteri jahat. Mengkonsumsinya secara teratur juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Berikan salah satu makanan tersebut untuk melakukan pertolongan pertama untuk pasien yang mengalami keracunan. Hal ini berguna untuk meringankan dan mengatasi  keracunan makanan yang dialami.(Baca juga: Jenis Sayur yang Beracun dan Berbahaya, Waspadalah!)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D