Berapa Lama Waktu Tidur yang Dianjurkan Setelah Sahur?

Ketika berpuasa, jam tidur akan berkurang ketika melakukan makan sahur padahal untuk memulai aktivitas sehari-hari diperlukan istirahat dengan tidur yang cukup. Oleh karena itu seseorang yang menjalankan ibadah puasa diperbolehkan untuk tidur selama dua jam setelah sahur dan sholat subuh.

Lama waktu tidur setelah sahur

Tidur dua jam setelah makan sahur dan sholat subuh dapat membantu tubuh agar lebih semangat untuk memulai hari dan dapat membantu tetap agar fit meskipun dalam keadaan perut kosong akibat berpuasa sehari penuh.

Seorang spesialis neurologi dari rumah sakit Memorial Sisil di Negara Turki yang bernama Abdulla Ozakardes mengatakan bahwa masalah tidur yang terjadi pada bulan Ramadhan akan mengalami perubahan sehingga diperlukan tidur selama dua jam setelah sholat subuh untuk membuat tubuh menjadi lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi selama bulan Ramadhan juga akan mempengaruhi perilaku tidur seperti orang yang lebih banyak mengkonsumsi teh atau kopi saat sahur dan berbuka puasa akan mempunyai perasaan lebih mudah cemas dan akan mengalami kesulitan untuk tidur secara teratur.

Oleh karena itu, selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan bila memungkinkan dianjurkan untuk tidur selama 2 jam setelah selesai menjalankan ibadah sholat subuh. Namun, tidur berlebihan saat berpuasa akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti pusing, sakit kepala, nyeri di bagian punggung, mudah merasa lelah dan lain sebagainya sehingga tetap dianjurkan agar tetap tidur secukupnya. (Baca juga: Bahaya Tidur Terlalu Lama / Tidur Berlebihan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D