Beberapa Faktor Penyebab Wanita Sulit untuk Hamil

Mempunyai keturunan atau anak merupakan dambaan kebanyakan orang termasuk para pasangan suami istri. Namun, tidak semua pasangan langsung mendapatkannya walaupun ada beberapa yang menunda kehamilan untuk menerapkan pola hidup sehat agar tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan calon momongan. 
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita sulit untuk hamil yang terdiri dari faktor dari luar dan faktor dari dalam. Berikut penjelasannya!
Beberapa faktor penyebab wanita sulit untuk hamil
Image Source: pixabay.com

1.    Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan, terutama bagi wanita yang sering mempunyai kebiasaan merokok dan mengkonsumsi kafein. Jika ingin cepat hamil, sebaiknya kurangi atau hindari kebiasaan tersebut seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan terlalu sering mengkonsumsi junk food.

2.    Menopause Dini

Biasanya seorang wanita akan mengalami masa menopause saat berusia 40 tahun ke atas. Namun, ada pula wanita yang mengalami menopause di bawah usia 40 tahun yang dikenal dengan menopause dini. Menopause dini merupakan kondisi dimana berhentinya siklus menstruasi pada usia yang tergolong mudah sehingga sudah tidak ada lagi sel telur yang dapat dibuahi oleh sperma.

3.    Kualitas Sperma Rendah

Pada hitungan normal, setidaknya setiap pria harus mengeluarkan sekitar 39 juta sperma dalam setiap ejakulasi. Jika jumlah sperma kurang dari 20 juta dalam setiap ejakulasi, maka kemungkinan ovum akan sulit untuk terbuahi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kualitas sperma menjadi rendah salah satunya yaitu sering menggunakan celana ketat, mempunyai kebiasaan merokok dan sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

4.    Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba Fallopi)

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya kerusakan akibat peradangan pada tuba seperti jaringan perut atau terjadi penyumbatan pada organ tersebut sehingga dapat mempengaruhi kesuburan. Biasanya kerusakan tersebut disebabkan oleh adanya penyumbatan penyakit karena pasa operasi kehamilan ektopik atau radang panggul. Pada kasus lainnya, kerusakan juga dapat terjadi akibat infeksi penyakit seksual khususnya oleh klamidia.

5.    Pengobatan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya, dalam pengobatannya tidak diperbolehkan untuk dilakukan secara setengah-setengah. Ketika seorang wanita sedang menjalani pengobatan kanker, maka kemungkinan besar akan sulit untuk hamil karena sinar radioaktif dapat menganggu proses kehamilan. 

Nah, itu tadi beberapa faktor penyebab wanita sulit untuk hamil. Namun, jika ingin mengetahui kondisi pastinya periksalah ke dokter dan konsultasikan terlebih dahulu sebelum menjalankan program kehamilan. (Baca juga: Penyebab Keguguran Pada Masa Kehamilan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D