Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Sebagian besar orang pasti sering mengeluhkan musim hujan karena mereka merasa kesulitan untuk menjemur sehingga pakaian menjadi kering lebih lama. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah memilih untuk menjemur pakaian di dalam ruangan karena merupakan alternatif terakhir.
 
Padahal, menjemur pakaian di dalam ruangan ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh khususnya bagi para penderita asma. Menurut hasil penelitian yang telah di lakukan oleh Professor David Denning dari National Aspergillosis Center, Manchester, Inggris mengungkapkan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan dapat membuat sisa-sisa air dari pakaian terserap oleh udara yang terdapat dalam ruangan sehingga membuat ruangan menjadi lembab.

Bahaya menjemur pakaian di dalam ruangan

Pada saat udara di dalam ruangan menjadi lembab, maka jamur dapat berkembang dengan mudah hingga dapat memicu terjadinya infeksi paru-paru dan masalah kesehatan pernapasan lainnya. Bagi seseorang yang mempunyai sistem imunitas yang baik untuk melawan infeksi, tentunya tubuhnya tidak akan terpengaruh dengan pertumbuhan jamur. Namun, bagi mereka yang mempunyai imunitas tubuh rendah atau orang yang menderita penyakit asma pertumbuhan jamur dapat membuat mereka terkena Pulmonary Aspergillosis yang akan semakin meningkat pada saat musim hujan.

Pulmonary Aspergillosis merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh jamur aspergillosis. Penderita penyakit ini akan menunjukkan gejala-gejala pernapasan yang berbeda setiap orangnya karena tergantung pada seberapa parah infeksi yang menyerang. Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami sesak napas, batuk berdarah hingga mengalami kerusakan parah pada organ paru-parunya.

Setelah mengetahui informasi ini, para ahli menganjurkan untuk mengeringkan pakaian atau menjemur pakaian di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan ruangan yang digunakan jauh dari tempat tidur atau jauh dari ruangan lain yang sering digunakan oleh keluarga. (Baca juga: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mengalami Insomnia)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D