Akibat Kekurangan Vitamin K bagi Kesehatan Tubuh

Sama halnya dengan asupan nutrisi dan vitamin yang lainnya, vitamin K juga mempunyai fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena dianggap sebagai salah satu vitamin esensial yang memiliki salah satu peranan penting yaitu untuk membantu proses pembekuan darah. Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin K maka, akan mengalami beberapa hal sebagai berikut ini.
Kekurangan vitamin K
 
1.    Darah Sulit Membeku

Ketika seseorang terluka dan mengalami kekurangan vitamin K, maka luka tersebut akan menyebabkan darah yang keluar sulit untuk membeku sehingga dapat membuat dia kehilangan banyak darah. Untuk mengatasinya, hal yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter, rumah sakit atau klinik kesehatan untuk mendapatkan suntik vitamin K karena enzim protombin di dalamnya dapat membantu proses pembekuan darah.

2.    Janin Tidak Dapat Berkembang

Kekurangan vitamin K saat hamil akan menyebabkan janin tidak dapat berkembang dan janin juga akan mengalami gangguan. Selain itu, wanita hamil yang kekurangan vitamin K juga rentan untuk mengalami masalah pendarahan internal.

3.    Pendarahan

Jika tubuh mengalami pendarahan yang tidak normal, maka dapat dikatakan bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin K. biasanya pendarahan dapat terjadi pada hidung atau gusi. Selain itu, jika kondisinya lebih parah dapat ditandai dengan urine yang mengandung darah.

4.    Gangguan Kesehatan Usus

Dampak selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada usus seperti reseksi usus kecil, melabsorpsi, obstruksi biller atau cystic fibrosis.

5.    Menyebabkan Kanker

Hampir semua vitamin berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker salah satunya adalah vitamin K. Sebuah kasus membuktikan bahwa pasien kanker yang tidak mendapatkan asupan vitamin K akan terserang kanker meskipun sudah dinyatakan terbebas dari penyakit mematikan ini.

Untuk menghindari terjadinya dampak tersebut, mulailah untuk mencukupi kebutuhan vitamin K dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K seperti, selada, mentimun, asparagus, kubis, brokoli kol, tomat, seledri dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D