Penyebab Sering Pusing Saat Berdiri

Sebagian besar orang mungkin pernah mengalami pusing ketika berdiri, hal itu disebabkan oleh tekanan darah dan faktor lain yang mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh. Semakin tinggi dan semakin besar aliran darah pada manusia, maka akan semakin tinggi pula tekanan darahnya. Kemudian, adanya perlawanan atau hambatan di dalam pembuluh darah, semakin tinggi hambatan di dalam pembuluh darah maka semakin tinggi pula tekanan darahnya.

Penyebab sering pusing saat berdiri
Image Source: pixabay.com
Apabila seseorang sering merasa pusing ketika berdiri atau setelah duduk, hal tersebut membuktikan bahwa ia sedang mengalami penurunan tekanan darah atau yang disebut dengan hipotensi ortostatik. Tekanan darah dalam kondisi ini tentunya dapat mengganggu proses alami di dalam tubuh yang dapat menetralkan tekanan darah, kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai hal.

1.    Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh sedang kekurangan cairan, biasanya hal ini disebabkan oleh demam, muntah, diare setelah melakukan olahraga berat, kelelahan dan lain sebagainya.

2.    Gangguan Jantung

Kondisi atau keadaan jantung yang terganggu seperti serangan jantung, gagal jantung dan denyut jantung menjadi rendah dapat membuat sirkulasi dan tekanan darah menjadi rendah.

3.    Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dapat merusak sistem syaraf yang berperan untuk mengatur tekanan darah.

4.    Gangguan Sistem Syaraf

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat mengganggu kinerja sistem syaraf, seperti amyloldosis, parkison, dan multiple system artopy yang dapat menyebabkan jantung tidak bekerja dengan baik.

Rasa pusing saat berdiri juga bisa disebabkan karena gaya gravitasi membuat darah berkumpul di bagian kaki sehingga membuat tekanan darah menjadi turun dan sirkulasi darah yang akan kembali ke jantung semakin sedikit. Selain itu, sel khusus yang terdapat di samping jantung juga akan menyebabkan pembuluh darah semakin sempit dan dapat meningkatkan hambatan pada aliran darah dan tekanan darah.  

Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengontrol tekanan darah secara berkala  agar dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. (Baca juga: Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D