Penyebab Nyeri Punggung Bawah dan Pencegahannya

Beberapa orang terutama orang yang sudah lanjut usia mungkin sering merasakan nyeri punggung karena kelelahan. Namun, ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa penyakit nyeri punggung tersebut berasal dari ginjal. Padahal rasa nyeri tersebut disebabkan karena adanya kelainan pada tulang belakang, yang dibedakan menjadi tiga jenis diantaranya adalah nyeri punggung bawah akut, sub akut dan kronis. 

Jika nyeri sudah masuk pada tahap kronis, maka dapat menimbulkan kecacatan sedangkan untuk jenis nyeri punggung lainnya dapat disembuhkan bahkan dapat hilang sendirinya dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu sekitar 6-12 minggu.

Penyebab nyeri punggung  bawah dan pencegahannya
Image Source: pixabay.com
Sebenarnya nyeri punggung bawah disebabkan karena adanya tekanan pada susunan syaraf tepi yang terjepit. Kondisi ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang latar belakang maupun usia. Biasanya hal yang dapat menimbulkan rasa nyeri punggung bawah yaitu mengangkat barang yang terlalu berat, saat mengalami benturan atau cedera langsung, obesitas, otot punggung bawah yang tertarik atau terlalu meregang, kebiasaan merokok dan stres.

Untuk mengetahui gejala nyeri punggung bawah yang dibedakan menurut jenisnya, simaklah informasi berikut dengan seksama!

1.    Nyeri Punggung Bawah Sederhana

  • Rasa nyeri di sepanjang daerah sekitar tulang belakang tanpa adanya syaraf di bagian bawahnya
  • Rasa nyeri yang dapat berubah-ubah setiap waktu tergantung aktivitas fisik yang dilakukan

2.    Nyeri Punggung Bawah dengan Gangguan Syaraf
                                  
  • Nyeri punggung yang menjalar hingga ke bagian kaki, lutut hingga tungkai

3.    Nyeri Punggung Bawah Kronis

  • Nyeri terasa pada daerah perut atau dada
  • Nyeri yang dirasakan tanpa adanya pergerakan yang konstan dan progresif
  • Adanya trauma fisik berat seperti setelah mengalami kecelakaan
  • Adanya kecurigaan mengidap penyakit lain seperti kanker atau HIV
  • Turunnya berat badan tanpa diketahui penyebabnya
  • Kencing yang selalu tertahan dengan sendirinya

Pencegahan nyeri punggung di bagian bawah dapat dilakukan dengan memberikan kompres di tempat yang terasa nyeri, berbaring di tempat tidur dan mengkonsumsi obat untuk meredakan rasa nyeri. Namun, jika nyeri dirasa cukup parah segera priksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. (Baca juga: Penyebab Sakit Perut Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D