Penyebab Gigi Keropos beserta Cara Pencegahannya

Gigi keropos merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada gigi, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perawatan gigi, pola makan dan faktor keturunan.  Gigi keropos atau rapuh sangat rentan menjadi gigi berlubang atau karies yang terjadi akibat ketidakseimbangan proses pelepasan mineral dari gigi dengan proses pengembalian mineral ke dalam gigi.
Penyebab gigi keropos
Untuk proses pencegahannya dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, karena mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.
1.    Rajin Menggosok Gigi

Menggosok gigi minimal 2 kali sehari berguna untuk mencegah gigi keropos atau rapuh. Untuk perawatan ekstrak dapat dilakukan dengan menggosok gigi sebanyak 3 kali sehari.

2.    Flouride

Sebaiknya gunakan dan pilihlah pasta gigi serta obat kumur yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride di dalamnya berguna untuk membantu mencegah gigi keropos.

3.    Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi, hal tersebut disebabkan karena makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan gigi keropos bahkan berlubang.

4.    Menambal Gigi

Cara terakhir yang dapat dilakukan ketika gigi sudah terlanjur berlubang akibat keropos yaitu dengan melakukan tambal gigi karena jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gigi semakin rusak.
Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab gigi keropos beserta cara pencegahannya. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Cara Merawat Gigi Berlubang dengan Benar)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D