Penyebab Bersin dan Hidung Tersumbat Setelah Bangun Tidur

Biasanya, orang mengenal bersin dan hidung tersumbat sebagai gejala-gejala dari penyakit influenza. Bahkan tak sedikit orang yang menyatakan jika mereka begitu sering mengalami dua kondisi tersebut bahkan setelah bangun dari tidurnya di pagi hari. Anehnya, bersin dan hidung tersumbat yang mereka rasakan tersebut akan menghilang begitu saja ketika siang datang. Kondisi tersebut bukanlah sebuah kebetulan belaka sebab ternyata hal tersebut terjadi lantaran dilatarbelakangi oleh sebuah faktor.

Biasanya beberapa orang akan mengalami bersin dan hidung tersebut ketika bangun tidur di pagi hari, mereka yang mengalaminya akan cenderung akan mengenalnya sebagai gejala dari penyakit influenza. Namun, anehnya bersin dan hidung tersebut yang mereka rasakan akan menghilang begitu saja ketika siang datang. Sebenarnya, keadaan tersebut bukanlah sebuah kebetulan karena ada beberapa faktor penyebabnya. 
Bersin dan hidung tersumbat di pagi hari
Faktor terbesar yang dapat mempengaruhi hal tersebut karena adanya alergi tungau atau dust mites. Menurut hasil penelitian, sebanyak 20 persen orang yang ada di berbagai belahan dunia diketahui telah menderita alergi yang disebabkan oleh hewan sejenis kutu tersebut. Tetapi tak banyak orang yang menyadarinya karena tungau mempunyai bentuk yang tak kasat mata dan hampir tidak pernah memunculkan keanehan atau kecurigaan tersendiri bagi setiap orang. Biasanya jenis kutu ini hidup di kasur, bantal, guling, karpet hingga tempat tidur.

Jika mengalami kondisi ini, maka hal yang harus dilakukan adalah tidak perlu panik karena tungau bukanlah penyebab timbulnya penyakit serius yang dapat menyebabkan terjadinya kemungkinan terburuk seperti kematian. Keberadaan tungau yang berada pada benda-benda sekitar dapat menimbulkan bersin-bersin dan hidung tersumbat. Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah mengganti sarung bantal secara teratur, mengganti sprai secara teratur dan membersihkan tempat tidur.

Selain dapat mengurangi peluang munculnya tungau, mengganti sarung bantal dan menjaga kebersihan lingkungan juga berguna untuk mengurangi resiko terjadinya gatal-gatal pada rambut dan wajah serta dapat menjaga kenyamanan saat tidur. (Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Mata Timbilan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D