Manfaat Tanaman Lidah Mertua bagi Kesehatan

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman lidah mertua ternyata juga berguna untuk menghilangkan polusi. Tanaman ini mempunyai bentuk yang tinggi dan tumbuh bergerombol sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai tanaman pagar. Di beberapa negara maju tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan dasar parfum karena lidah mertua dapat menghasilkan aroma wewangian di sore hari pada saat berbunga. Berikut ini akan diuraikan mengenai manfaat tanaman lidah mertua bagi kesehatan.

Manfaat tanaman lidah mertua

1.    Antipolutan

Dari hasil studi literatur diketahui bahwa di dalam tanaman lidah mertua terdapat kandungan zat aktif pregnane glikosid yang berperan untuk menyerap polutan. Polutan yang telah diserap akan dikirim ke akar untuk dilakukan proses detoksifikasi. Melalui proses ini mikroba akan menghasilkan suatu zat yang diperlukan oleh tanaman seperti gula, asam organik dan asam amino. Setelah didetoksifikasi akan menghasilkan udara yang bersih sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru.
 
2.    Penangkal Radiasi 

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menangkal radiasi yaitu dengan menanam lidah mertua. Tanaman lidah mertua berguna untuk mengurangi dampak radiasi dari peralatan elektronik rumah karena memiliki kemampuan untuk menyerap sinar radiasi dari sumbernya.

3.    Obat untuk Kesehatan

Di dalam tanaman lidah mertua terdapat kandungan antiseptik terutama pada bagian daunnya sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai tanaman obat, seperti mengobati bengkak, mengatasi sakit gigi, wasir, penyakit kulit, penawar racun dari binatang atau serangga, dan dapat mencegah flu.

Tanaman ini akan terus memberikan fungsi yang maksimal apabila dirawat dengan baik. Tanaman lidah mertua dapat hidup dengan paparan sinar matahari langsung maupun di dalam ruangan. Namun, jika diletakkan di dalam ruangan jemurlah seminggu sekali agar tetap segar. Tanaman ini tidak boleh terlalu sering disiram karena akan mudah dihinggapi bakteri, jadi lakukan penyiraman 1-2 kali dalam seminggu. (Baca Juga: Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D