Manfaat Senam Belly Dance Untuk Wanita

Belly dance merupakan jenis senam yang memusatkan pada kelenturan torso dan pinggul untuk mengolah tubuh. Kabarnya, belly dance mempunyai efek yang sama efektifnya seperti pilates karena selain berguna untuk memperbaiki postur tubuh, belly dance juga berguna membuat otot perut menjadi lebih kencang dan dapat membantu membakar sejumlah kalori di dalam tubuh.
  
Manfaat senam belly dance untuk wanita
Image Source: pixabay.com

1.    Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi 

Gerakan pada saat mengikuti senam belly dance dapat meningkatkan oksigen pada otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan berkonsentrasi tanpa harus berusaha keras ketika mengingat sesuatu.

2.    Meningkatkan Organ Pencernaan

Gerakan senam belly dance berhubungan langsung dengan otot-otot perut sehingga dapat memberikan pijatan pada setiap organ-organ internal. Pijatan tersebut akan membuat semua organ di dalam perut bekerja lebih baik dan dapat meningkatkan fungsi organ pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit. 
  
3.    Meringankan kram akibat menstruasi 

Ketika menstruasi beberapa wanita sering merasa nyeri pada perut bagian bawah, hal ini bisa diatasi dengan latihan belly dance secara teratur karena akan melatih perut di area rahim sehingga dapat meringankan kram akibat menstruasi.
  
4.    Mengurangi nyeri punggung 

Latihan Belly dance secara teratur akan membuat otot-otot di area tulang punggung menhadi lebih fleksibel dan lentur. Selain itu, latihan belly dance juga dapat memperbaiki postur tubuh agar tetap tegap.

5.    Mempermudah persalinan alami 

Banyak ibu yang kerap kesulitan ketika melahirkan normal sehingga dokter menyarankan untuk melakukan proses persalinan secara caesar. Untuk mengatasi hal tersebut disarankan agar para wanita atau calon ibu mencoba latihan belly dance karena dapat menguatkan otot pelvic dan dapat meningkatkan peredaran darah di daerah pelvic.

Selain berguna untuk kebugaran tubuh, ternyata banyak sekali manfaat senam belly dance untuk wanita. Apakah tertarik untuk mencobanya? (Baca Juga: Manfaat Senam Body Language bagi Wanita)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D