Manfaat Olahraga Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

Lompat tali merupakan jenis olahraga sederhana yang mempunyai banyak kelebihan karena mempunyai banyak manfaat yang sama dengan jenis olahraga lainnya. Olahraga ini hanya membutuhkan tali khusus untuk digunakan sebagai bantuan untuk melompat yang disebut dengan skipping rope. Inilah manfaat lompat tali yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat olahraga lompat tali

1.    Menyehatkan Kulit

Olahraga lompat tali dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga dapat memberi nutrisi pada kulit.

2.    Menghilangkan Racun di Dalam Tubuh

Orang yang melakukan olahraga ini menjadi berkeringat sehingga racun di dalam tubuh dapat keluar dengan keringat melalui pori-pori.

3.    Menguatkan Organ Tubuh

Gerakan melompat selama berkali-kali dapat membuat otot dan organ tubuh lainnya menjadi lebih kuat karena terus bergerak.

4.    Menstabilkan Hormon dan Melatih Otak
        
Melakukan olahraga ini dapat membuat hormon tubuh menjadi stabil karena otak dilatih agar dapat mensikronisasikan kerja tubuh. Olahraga lompat tali membutuhkan sinkronisasi antara tangan dan kaki yang dikendalikan oleh otak.

5.    Menghangatkan Tubuh

Melakukan olahraga lompat tali dengan cepat dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat ketika merasa kedinginan karena tubuh akan menstabilkan suhu tubuh antara suhu dari luar dan dalam.

6.    Cocok untuk Program Diet

Olahraga lompat tali cocok dilakukan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet dan dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel.

7.    Membuat Tubuh Menjadi Lebih Tinggi

Karena lompatan yang dilakukan secara berulang-ulang dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi.

Agar dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal, melakukan olahraga lompat tali haruslah secara bertahap apalagi bagi para pemula. Untuk para pemula cobalah lakukan selama 30 detik terlebih dahulu kemudian naikkan menjadi satu menit. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kram di bagian otot. (Baca juga: Beberapa Kesalahan yang Terjadi Saat Berlatih Yoga di Rumah)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D