Manfaat Mengkonsumsi Telur Puyuh bagi Kesehatan

Telur puyuh mempunyai ukuran mungil yang mempunyai berat sekitar 10 gram hingga 12 gram. Telur unggas ini bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga terjangkau di pasaran, selain di rebus telur ini juga dapat diolah menjadi aneka masakan seperti sate, bakso, isian pastel, dan lain sebagainya. Telur ini menyediakan banyak unsur yang diperlukan oleh tubuh, karena di dalamnya terdapat kandungan gizi tiga hingga empat kalinya lebih banyak jika dibandingkan dengan gizi telur ayam, sehingga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mengkosumsi telur puyuh
 
1.    Mengatasi Gejala Alergi

Kandungan protein jenis ovomucoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk memproduksi obat anti-alergi secara alami.

2.    Aman bagi Penderita Asam Urat

Para ahli tidak melarang penderita asam urat untuk mengkonsumsi telur termasuk telur puyuh. Hal tersebut disebabkan karena telur mengandung unsur purin yang rendah.

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi telur puyuh setiap pagi, sangat baik untuk menjaga kesehatan karena bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme.

4.    Menyehatkan Tubuh

Meskipun dikonsumsi secara mentah, telur puyuh juga membuat tubuh sehat karena tidak mengandung bakteri yang merugikan. Namun, ketika sebelum dikonsumsi secara mentah harus dicuci terlebih dahulu dengan air panas.

Meskipun mempunyai ukuran yang kecil atau mungil, namun telur puyuh mempunyai kandungan gizi dan manfaat yang lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam. Meskipun demikian, telur puyuh tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena manfaatnya akan diperoleh secara maksimal apabila dikonsumsi dengan  kadar yang bijaksana atau secukupnya. (Baca juga: Manfaat Telur Ikan (Kaviar) bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D