Manfaat Mengkonsumsi Jagung Manis Rebus untuk Ibu Hamil


Jagung manis rebus merupakan menu makanan sederhana yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasa dan teksturnya yang membuat orang ketagihan. Pada umumnya makanan yang direbus lebih baik bagi kesehatan tubuh karena nutrisi di dalamnya tidak banyak berkurang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat jagung manis rebus


1.    Mengandung Asam Folat

Jagung merupakan salah satu sumber asam folat dan vitamin B12 yang baik bagi kesehatan tubuh, gabungan kedua nutrisi tersebut dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung syaraf seperti pada kondisi spina bifida, yaitu kondisi yang mempengaruhi sistem syaraf dan tulang belakang pada bayi.

2.    Mengandung Serat

Kandungan serat yang tinggi berguna untuk mencegah dan mengatasi sembelit yang biasa dialami oleh wanita hamil.

3.    Mengandung Agen Anti-kanker

Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai agen anti-kanker sehingga termasuk dalam makanan terbaik bagi ibu hamil.

4.    Mengandung Betakaroten

Jagung manis mengandung betakaroten dalam jumlah yang cukup. Betakaroten merupakan senyawa yang akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A sehingga berguna bagi kesehatan penglihatan ibu dan janinnya.

5.    Mengandung Mineral

Di dalam jagung manis terdapat kandungan mineral yang terdiri dari fosfor yang baik bagi pengembangan kepadatan tulang dan mencegah masalah ginjal pada ibu dan janinnya. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan mineral lain seperti magnesium, tembaga, kalium dan zat besi. Kandungan magnesium di dalam jagung manis berperan untuk memastikan detak jantung normal. Ibu hamil juga memerlukan lebih banyak asupan magnesium pada trimester pertama dan kedua kehamilan karena pada masa itu merupakan saat dimana jantung bayi mulai berkembang. Selanjutnya adalah kalium, tembaga dan zat besi  juga berperan penting untuk mencegah anemia dan hipertensi.

Setelah mengetahui manfaat dan kandungan jagung manis rebus, sangat diharapkan agar ibu hamil menambahkan jagung manis rebus ke dalam menu makanan sehat sehari-hari. (Baca Juga: Manfaat Mengkonsumsi Coklat untuk Ibu Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D