Manfaat Mengkonsumsi Hati Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa orang merasa enggan untuk mengkonsumsi jeroan terutama bagian hati karena hati merupakan organ yang penyimpan racun. Meskipun demikian, di dalam hati terdapat kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, asam folat dan lain sebagainya. Adanya  banyak kandungan nutrisi tersebut, membuat hati sapi layak dikonsumsi karena mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat hati sapi
 
1.    Mengatasi Anemia

Kandungan asam folat dan mineral zat besi di dalam hati berperan penting sebagai sintesis DNA dan RNA untuk proses metabolisme inti sel termasuk sel darah merah serta dapat membentuk sel-sel darah merah sehingga berguna untuk mengatasi anemia.

2.    Menyehatkan Otak

Kandungan vitamin B1 dan B12 di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya gangguan mental.

3.    Sumber Nutrisi untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat dan zat besi yang terdapat di dalam hati sapi berguna untuk melengkapi asupan gizi yang banyak diperlukan pada masa kehamilan.

4.    Perkembangan Sistem Syaraf

Kandungan asam folat di dalamnya diperlukan untuk proses perkembangan sistem syaraf dan dapat mencegah kecacatan pada janin.

5.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan zinc di dalamnya dapat mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6.    Mencegah Penyakit Kanker dan Jantung

Kandungan mineral selenium di dalamnya berfungsi untuk membantu melawan kerusakan sel dari radikal bebas dan membentuk zat antioksidan dalam melawan sel-sel kanker serta dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung.

Namun, dibalik manfaat yang akan diperoleh setelah mengkonsumsinya ternyata hati sapi mempunyai kandungan kolesterol sekitar 90% sehingga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. (Baca juga: Kandungan & Manfaat Susu Kerbau untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D