Manfaat Memilih Mainan Edukatif untuk Anak

Selain memberikan asupan nutrisi yang baik untuk perkembangan tubuh anak, para orang tua juga harus selektif dalam memilih mainan mereka. Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa masa anak-anak merupakan masa bermain, oleh karena itu para orang tua dianjurkan untuk memilih mainan edukatif untuk mereka. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam proses stimulasi perkembangan baik fisik, keberanian, kemampuan berpikir, dan belajar berinteraksi.
Memilih mainan edukatif juga merupakan tahap awal untuk mengajari mereka bagaimana harus cerdas merespon setiap kejadian yang ada di lingkungan sekitarnya. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari mainan edukatif anak.

Manfaat mainan edukatif

1.    Dapat melatih konsentrasi

Mainan edukatif disusun untuk melatih dan menyiapkan konsentrasi ketika menggunakan mainan tersebut. Misalnya, ketika seorang anak bermain puzzle maka konsentrasi dan pandangan matanya dituntut untuk fokus menyusunnya dengan benar sehingga dapat melatih konsentrasinya.

2.    Dapat melatih kemampuan motorik

Mainan ini juga dapat merangsang sistem motorik anak, baik motorik halus maupun kasar. Motorik halus berfungsi untuk menggerakkan otot ketika mengambil mainan, meraba, maupun memegang mainan dengan jari-jarinya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapatkan ketika anak bergerak, melempar maupun mengangkat mainannya.

3.    Dapat  mengenalkan konsep sebab akibat

Ketika seorang anak memainkan mainan edukatif seperti memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar, maka secara tidak langsung dia sedang belajar untuk membedakan benda sesuai dengan ukurannya, jika dia memasukan ke dalam lubang yang salah maka ia dapat memahami cara sederhana tentang konsep sebab-akibat.

4.    Untuk melatih bahasa dan wawasan

Mainan edukatif akan bermanfaat secara optimal apabila diimbangi dengan penuturan secara lisan oleh guru maupun orang tua yang mendampinginya. Pada saat itu, seorang anak akan mendapatkan tambahan pengetahuan kosa kata dan kemampuan bagaimana harus berucap tentang hal yang diketahuinya.

5.    Untuk mengenalkan wawasan dan bentuk

Ketika bermain menggunakan mainan edukatif, seorang anak dapat belajar untuk mengenal berbagai macam bentuk dan warna.

Mainan edukatif merupakan salah satu pilihan mainan menarik yang bermanfaat bagi perkembangan kognitif, motorik, dan wawasan anak. (Baca juga: Gejala Anak Terserang Amandel)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D