Manfaat Mandi Sauna bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sauna merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memanjakan tubuh dengan berdiam diri di dalam ruangan yang mempunyai suhu panas cukup tinggi sekitar 180 derajat Fahrenheit selama 10 hingga 20 menit. Saat melakukan sauna tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dari hawa panas yang dihasilkan sehingga berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan racun. Selain itu, sauna juga berguna untuk mengatasi rasa lelah, menenangkan pikiran hingga dapat menghilangkan stress. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat sauna bagi kesehatan tubuh. 

1.    Meningkatkan Stamina

Manfaat mandi sauna bagi kesehatan dan kecantikan
Image Source: pixabay.com
Mandi terapi jenis ini bermanfaat bagi mereka yang merasakan lelah akibat rutinitas sehari-hari. Setelah melakukan mandi sauna, tubuh akan kembali bugar dan stamina kembali fit seperti sedia kala.

2.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan panas tinggi yang dihasilkan dapat meningkatkan suhu badan sehingga dapat merangsang proses penyembuhan secara alami dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan pathogen di dalam tubuh.

3.    Mengeluarkan Racun-racun Berbahaya di Dalam Tubuh

Mandi uap jenis ini juga dapat membantu dalam proses pelepasan racun dan logam berat di dalam tubuh melalui keringat yang keluar dari pori-pori kulit sehingga tubuh akan terbebas dari racun dan bahan kimia berbahaya.

4.    Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mandi sauna bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit karena dapat membuat aliran darah di daerah bawah kulit menjadi lancar dan mengalami peningkatan. Kemudian, nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit dapat masuk dan memperbaiki jaringan sehingga menjadikan kulit tampak, halus, bersih dan bercahaya.

Selain berguna untuk kesehatan dan kecantikan, mandi sauna  juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan sejumlah kalori akan terbakar yang dikeluarkan dalam bentuk keringat. (Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat untuk Pengobatan Tradisional)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D