Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Jus tomat merupakan salah satu minuman favorit bagi mereka yang senang menjalankan pola hidup sehat setiap waktunya. Selain nikmat untuk dikonsumsi jus tomat juga mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan likopen. Kandungan tersebut berfungsi untuk mendukung sistem imunitas tubuh serta sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur dalam porsi sewajarnya.
Manfaat jus tomat

1.    Mengurangi  resiko terkena penyakit jantung

Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin B6, folar, dan niasin. Kandungan nutrisi tersebut berperan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 30%. Selain itu, tomat sangat efektif dalam menjaga kadar homosistein dan kandungan asam amino yang berlebihan di dalam tubuh.

2.    Mencegah  penyakit kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa kanker payudara dan kanker prostat dapat dicegah dengan mengkonsumsi tomat secara rutin. Pada umumnya tomat berperan untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit karena kandungan antioksidan di dalamnya.

3.    Melawan dan mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berguna untuk mencegah dan melawan infeksi karena dapat menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

Buah tomat memang mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, para ahli lebih menganjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat dalam keadaan cair atau diolah menjadi jus. Hal tersebut bertujuan agar tubuh cepat menyerap nutrisinya untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. (Baca juga: Khasiat Jus Pare untuk ASI Ibu Menyusui & Obat Kanker)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D