Manfaat Jamur Zygomicota bagi Kesehatan


Zygomicota merupakan salah satu jenis jamur yang hidup di daratan, jamur ini termasuk jamur yang tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya dan mengandung racun. Jamur zygomycota mempunyai ciri-ciri diantaranya adalah tidak mempunyai hifa dengan sekat, mempunyai sel berinti banyak, hidup di daratan dan di dalam tanah, berkembangbiak dengan zigospora serta dapat tumbuh pada organisme yang sudah membusuk.

Manfaat jamur zygomicota

Setelah mengetahui informasi lebih jauh tentang jamur ini, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai manfaatnya.

1.    Bahan Pembuatan Tempe

Salah satu unsur yang digunakan untuk membuat tempe adalah jamur zygomycota yaitu rhizopus oryzae yang merupakan salah satu jenis jamur yang berperan penting dalam pembentukan dan produksi tempe.

2.    Bahan Pembuatan Tape

Tape merupakan makanan yang berasal dari olahan singkong yang diberikan sejenis ragi untuk mengalami proses fermentasi sehingga menghasilkan tekstur lunak dengan rasa yang manis. Salah satu unsur yang terdapat di dalam ragi untuk membantu proses fermentasi berasal dari jenis jamur zygomicota, yaitu Mucor Javanicus.

3.    Mematangkan Buah

Salah satu manfaat lain dari jamur zygomicota adalah dapat membantu proses pematangan dan pemasakan buah agar menjadi lebih nikmat dan lezat untuk dikonsumsi. Jenis jamur yang digunakan untuk mematangkan buah, yaitu Rhizopus Nigricans yang dapat menghasilkan asam fumarat untuk membantu proses pematangan buah-buahan, baik yang sudah dipetik maupun yang masih berada di pohon.

4.    Menghasilkan Asam Laktat

Zygomicota mempunyai manfaat lain yang cukup penting, yaitu mampu menghasilkan asam laktat. Jenis Zygomicota tersebut disebut dengan Rhizopus Nodousus.

5.    Pengurai Kotoran Ternak

Jenis jamur zygomicota yang bernama Mucor Mucedo tumbuh pada kotoran ternak yang tidak dibersihkan dalam beberapa hari, jenis jamur tersebut dapat membantu menguraikan kotoran ternak agar tidak menganggu kebersihan lingkungan sekitarnya.

6.    Pengurai Makanan Kadaluarsa

Jenis jamur zygomicota dapat membantu proses penguiraian pada jenis makanan yang sudah membusuk namun tidak akan menimbulkan bau dan tidak akan menganggu lingkungan sekitarnya.

7.    Membuat Minuman Beralkohol

Salah satu jenis jamur yang dimanfaatkan untuk pembuatan minuman beralkolah adalah jenis jamur zygomicota yang berperan sebagai alat fermentasi sehingga dibutuhkan dalam proses pembuatan bir atau wine.

Walaupun mempunyai banyak manfaat, jamur ini juga dapat menimbulkan beberapa kerugian seperti membuat makanan menjadi busuk, memberikan efek halusinasi, bersifat karsogenik (penyebab timbulnya sel-sel kanker) dan beracun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. (Baca juga: Khasiat Sarang Burung Walet bagi Kesehatan dan Kecantikan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D