Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh


Donor darah biasanya diperlukan untuk membantu mengobati pasien yang mengalami gangguan pendarahan, anemia kronis, penderita kanker, kelainan darah, kecelakaan dan lain sebagainya. Donor darah sangat diperlukan karena darah tidak dapat dibuat secara sintesis. Namun, sebelum dilakukan pengambilan darah dibutuhkan pemeriksaan kesehatan secara lebih rinci untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit yang berhubungan dengan transfuse darah dengan penyakit menular.

Manfaat donor darah

Selain bermanfaat bagi orang yang membutuhkan transfusi darah, mendonorkan darah juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Mengurangi Resiko Hemochromatosis

Homochromatosis merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan penyerapan zat besi oleh tubuh. Biasanya kondisi ini merupakan faktor keturunan, anemia, terlalu sering mengkonsumsi alkohol atau disebabkan oleh gangguan lainnya. Namun, dengan melakukan donor darah secara teratur dapat membantu mengurangi kelebihan zat besi di dalam tubuh.

2.    Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Dengan mendonorkan darah dapat membuat simpanan zat besi di dalam tubuh karena kadar zat besi di dalam tubuh yang seimbang berguna untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

3.    Menjaga Kesehatan Jantung dan Hati

Selanjutnya, donor darah juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan hati yang disebabkan oleh kelebihan zat besi di dalam tubuh. Donor darah dapat membantu menjaga kadar zat besi tetap seimbang.

4.    Membantu Pertumbuhan Sel Darah Baru

Setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali karena kehilangan darah. Hal tersebut berguna agar tubuh merangsang produksi sel-sel darah baru yang lebih sehat. 

Meskipun melakukan donor darah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah calon pendonor mempunyai masalah kesehatan atau tidak. (Baca Juga: Persyaratan Donor Darah di PMI)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D