Manfaat Cumi-cumi bagi Kesehatan Tubuh

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang berasal dari keluarga Lologinidae, hewan ini mudah ditemukan di perairan Indonesia. Olahan cumi-cumi merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, terutama bagi para penggemar seafood. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata cumi-cumi mempunyai banyak kandungan gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat cumi-cumi

1.    Membantu Pertumbuhan Kerangka Tulang

Kandungan mineral mikro dan makro yang terdapat di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membantu pertumbuhan kerangka tulang, menguatkan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

2.    Menurunkan Kadar Kolesterol

Hewan laut ini mempunyai kandungan lemak tidak jenuh ganda, yaitu omega 3 yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

3.    Mengatasi Kanker

Kandungan zat aktif di dalam tinta cumi-cumi berfungsi untuk mengaktifkan sel-sel darah putih sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat mencegah dan mengatasi kanker.

4.    Menjaga Kesehatan Jantung

Hewan laut yang satu ini juga mempunyai kandungan nutrisi berupa vitamin B, protein, omega 3, vitamin, yodium seng dan tembaga. Kandungan tembaga di dalamnya berperan sebagai tempat penyerapan tubuh, tempat penyimpanan dan tempat metabolisme besi untuk membentuk sel darah merah.

5.    Menghilangkan Bekas Cacar

Cumi-cumi yang sudah dijemur hingga kering di bawah matahari, dan kemudian sudah dibersihkan. Setelah bersih cumi tersebut dapat ditumbuk hingga halus dan diayak. Hasil ayakan dapat digunakan sebagai obat bekas cacar.

Agar mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, konsumsilah secara teratur dalam porsi yang bijaksana atau tidak berlebihan. (Baca juga: Manfaat Mengkonsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D