Manfaat Berlatih Beladiri bagi Kesehatan dan Kehidupan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa berlatih beladiri merupakan latihan kekerasan karena pada saat itu akan diajarkan bagaimana caranya memukul, menyerang, menendang, menghindar dan menangkis yang merupakan gerakan-gerakan umum pada sebuah perkelahian. Namun anggapan tersebut tidak dibenarkan karena berlatih beladiri mempunyai banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat berlatih beladiri

1.    Sebagai sarana membela diri

Terkadang sebuah konflik atau kejahatan dapat terjadi tanpa diduga sebelumnya. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menghindari lawan atau pelaku kejahatan agar mengurungkan niatnya dengan menurunkan emosinya. Cobalah untuk menghadapi dengan tenang dan percaya diri, namun jika konflik tidak bisa dihindari setidaknya sudah siap dengan bekal dari latihan beladiri.

2.    Lebih Sehat dan Bugar

Dengan berlatih beladiri secara teratur dapat meningkatkan kebugaran, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

3.    Menyehatkan Organ Jantung dan Paru-paru

Gerakan-gerakan tertentu, terutama yang menggunakan unsur kecepatan dapat memacu fungsi jantung dan paru-paru sehingga peredaran darah dan pernapasan menjadi lancar. 

4.    Membuat otot Lebih Kuat dan fleksibel

Gerakan-gerakan yang sering diterapkan dalam seni beladiri dapat membuat otot menjadi lebih kuat dan fleksibel.

5.    Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian

Ketika seseorang merasa mempunyai kemampuan lebih, maka akan meningkatkan rasa percaya diri dan keberaniannya.

6.    Meningkatkan kedisiplinan

Setiap beladiri pasti mempunyai teknik, jurus dan aturan tertentu yang harus diterapkan dengan displin. Tanpa adanya kedisiplinan berlatih beladiri tidak akan memberikan manfaat secara maksimal.

Ternyata, selain bermanfaat bagi kesehatan berlatih beladiri juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. (Baca juga: Program Latihan Fitness untuk Menambah Massa Otot)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D