Makanan untuk Melawan Osteoporosis pada Wanita



Penyakit osteoporosis ditandai dengan adanya kegagalan fungsi tulang yang terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan penderitanya tidak sadar bahwa dirinya sedang menderita osteoporosis.

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada usia muda dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu melawan osteoporosis.

Osteoporosis pada wanita

1.    Susu

Wanita dianjurkan agar mengkonsumsi susu minimal dua kali sehari untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, produk olahan susu seperti keju dan yogurt dapat menjadi salah satu jenis makanan yang berguna untuk membantu melawan osteoporosis. Hal tersebut disebabkan karena susu dan produknya mengandung banyak kalsium dan protein yang berperan untuk menyehatkan dan memperkuat tulang.
2.    Sayuran Hijau

Kandungan nutrisi di dalam sayuran hijau seperti vitamin dan mineral dapat membantu menjaga dan menguatkan tulang.
3.    Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai variasi vitamin dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
4.    Kurma

Meskipun mempunyai rasa yang begitu manis, ternyata di dalam kurma terdapat kandungan magnesium dan kalsium yang berguna untuk membantu dan menjaga kepadatan tulang.
5.    Kacang

Di dalam kacang ternyata terdapat beberapa kandungan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, seperti mangan, magnesium, fosfor dan kalsium.
6.    Ikan

Kandungan omega 3 yang dimiliki oleh ikan berguna untuk mengatasi osteoporosis dan dapat mencegah terjadinya nyeri sendi rematik.
7.    Telur 
Kandungan vitamin D di dalam telur berguna untuk menjaga kesehatan tulang, selain itu mengkonsumsi telur juga dapat menyeimbangkan kebutuhan gizi harian serta dapat menjaga kesehatan tulang.
Untuk melawan osteoporosis ternyata bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D. kandungan tersebut bisa didapatkan dalam menu sehari-hari atau dengan mengkonsumsi tambahan suplemen. (Baca Juga: Ciri-ciri Osteoporosis Dini pada Wanita & Pria)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D