Cara untuk Mencegah Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit yang terjadi di dalam pembuluh darah pada otak dan ditandai dengan adanya kerusakan jaringan-jaringan otak. Pada umumnya penyebab penyakit ini terbagi atas dua jenis, yaitu stroke yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah di otak (infrak) dan stroke yang diakibatkan karena pendarahan pada otak (bleending).

Mencegah penyakit strokeGejala stroke tergantung pada seberapa besar area terganggunya aliran darah menuju ke otak, seperti melemahnya otot kiri dan otot kanan hingga menurunnya aktivitas syaraf sensorik sehingga penderita stroke akan merasa kaku saat menggerakkan organ tubuh dan akan merasa kesulitan saat mengingat sesuatu.

Solusi utama yang berguna untuk mengatasi penyakit adalah dengan melakukan cara pencegahan sejak dini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Cek tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab awal yang dapat memicu gejala penyakit stroke. Oleh karena itu, cek tekanan darah secara berkala untuk mencegah resiko terkena penyakit stroke.

2.     Cek kadar Kolesterol

Selain tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi juga merupakan salah satu faktor yang dapat memicu resiko terkena penyakit stroke. Menurut para ahli batas kadar kolesterol yang aman adalah kurang dari 160 ml/dl.

3.    Banyak berolahraga

Tubuh yang jarang digunakan untuk bergerak dan berolahraga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke. Oleh karena itu setidaknya luangkan waktu untuk bergerak atau berolahraga sekitar tiga puluh menit setiap harinya.

4.    Menjalankan pola hidup sehat

Jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit stroke, maka hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari kebiasaan merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tidak mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi dan beristirahat dengan cukup.

5.    Menjauhi asap rokok

Perokok pasif lebih beresiko terkena penyakit stroke, oleh karena itu jauhilah asap rokok agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar merupakan kewajiban serta kesadaran diri sendiri karena mencegah sejak dini lebih baik dibandingkan dengan mengobati. (Baca juga: Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D