Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan purin atau zat asam hasil pemecahan nitrogen pada bagian sendi. Tingginya kadar asam urat tersebut yang membuat penderitanya sering merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian sendi kaki, lutut, jari tangan dan bagian sendi lainnya.
Cara mengatasi penyakit asam urat
Image Source: pixabay.com
 Selain obesitas, ada faktor lain yang dapat memicu adanya penyakit asam urat seperti diabetes, hipertensi, masalah pada fungsi ginjal, diet yang buruk dan faktor keturunan. Namun, penyakit ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

1.    Menghindari Makanan dengan Kandungan Purin

Hindarilah makanan yang mengandung purin, makanan yang mengandung purin adalah jeroan, bebek, kerang, remis, ikan sarden, ikan makarel, bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, dan biji melinjo. Sebenarnya makanan yang mengandung purin diperbolehkan untuk dikonsumsi asalkan dalam porsi yang sewajarnya.

2.    Menghindari Kafein dan Alkohol

Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol seperti teh, kopi serta minuman bersoda agar terhindar dari penyakit asam urat.

3.    Memperbaiki Pola Hidup

faktor utama penyebab asam urat adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Oleh karena itu perbaikilah pola hidup dengan mengatur pola makan dan menurunkan berat badan. Kemudian, berolahraga secara rutin juga merupakan cara terbaik untuk membakar lemak.

Untuk mengatasi dan mencegah penyakit asam urat juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium dan vitamin C seperti alpukat, pisang, jeruk, strawberry, susu, dan yogurt. Kemudian, lengkapilah kebutuhan air putih untuk meluruhkan kristal asam urat di dalam tubuh. (Baca juga: Penyebab dan Tanda-tanda Penyakit Asam Urat)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D