Penyebab & Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Atas

Sakit perut merupakan sensasi yang tidak nyaman akibat adanya peregangan otot perut. Peregangan otot tersebut membuat otot tegang sehingga timbulnya nyeri yang berujung pada sakit perut. Di dalam dunia medis diungkapkan bahwa perut terdiri dari  empat kuadrat yaitu, yaitu kuadran kanan atas, kuadran kanan bawah, kuadran kiri atas dan kuadran kiri bawah.

Pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas mengenai sakit perut sebelah kuadran kiri atas. Rasa sakit perut sebelah kiri atas umumnya, disebabkan oleh adanya rasa tidak nyaman yang dirasakan pada daerah tertentu. Rasa sakit tersebut biasanya timbul dengan sendirinya dan ada pula rasa sakit yang disebabkan karena adanya faktor penyakit tertentu.

Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak faktor dan bermacam-macam. Pada keluhan sakit perut sebelah kiri atas, umumnya disebabkan karena adanya masalah lambung, seperti sakit maag, infeksi lambung maupun gastritis. Selain itu, sakit perut sebelah kiri atas juga bisa disebabkan oleh masalah yang terjadi pada limpa dan organ lainnya.
Penyebab & gejala sakit perut sebelah kiri atas
Image Source: pixabay.com

Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apa saja keluhan yang dirasakan, jika mengenai keluhan yang berhubungan dengan lambung akan merasakan keluhan seperti rasa nyeri yang ditusuk-tusuk pada bagian bawah tulang dada orang awam menyebutnya dengan ulu hati. Nyeri tersebut terkadang dirasakan pada saat sesak nafas.

Namun, bila mengalami keluhan berupa sensasi seperti terbakar disertai mula, dan keluhan semakin memburuk setelah makan. Hal tersebut disebabkan karena adanya esofagis. Esofagis adalah peradangan yang terjadi di dalam kerongkongan. Jika terjadi keluhan seperti mual, muntah, terasa terbakar hingga ke punggung, dan kondisi akan lebih parah setelah makan hal tersebut merupakan gejala penyakit pankreatitis. Pankreatitis adalah penyakit peradangan pankreas.

Apabila mengalami rasa nyeri beserta sesak nafas, hal tersebut memungkinkan adanya gejala penyakit pada organ jantung atau paru-paru yang berupa emboli paru, pneumonia, perikarditis, dan infrak miokard. Tetapi jika mengalami rasa nyeri yang terus menjalar pada bahu kiri, kemungkinan terjadinya gangguan limpa yaitu, absen limpa dan ruptur limpa.

Untuk mengetahui kebenaran dari keluhan sakit perut sebelah kiri atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya, supaya mendapatkan penanganan yang tepat terhadap keluhan yang dirasakan. Informasi ini hanya bertujuan untuk memberikan kewaspadaan bagi pembaca yang mengalaminya karena tidak berniat untuk menakut-nakuti siapapun. (Baca Juga: Cara Tradisional untuk Mengobati Perut Kembung )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D