Penyebab dan Tanda-tanda Penyakit Asam Urat



Biasanya hal yang sering menimbulkan terjadinya penyakit ini adalah obesitas, penderita diabetes, penderita hipertensi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, diet yang buruk, gangguan fungsi ginjal dan faktor keturunan. Untuk mengetahui apakah terkena penyakit ini atau tidak, kenalilah tanda-tandanya agar bisa segera dilakukan penanganan yang tepat. 

penyebab penyakit asam uratPada umumnya, para penderita diabetes akan mengalami kesemutan secara mendadak yang diikuti dengan rasa linu atau nyeri sendi di bagian sendi. Selain itu, bagian yang terasa nyeri akan mengalami pembengkakan, memerah, dan terasa panas. Rasa sakit yang dirasakan tidak tertahankan dan sangat sensitif jika tersentuh benda lain. Jika rasa nyeri sudah mereda, kulit yang sebelumnya membengkak akan mengelupas dan terasa gatal.

Bagian sendi yang sering menjadi target asam urat adalah jempol kaki, pergelangan kaki, kaki bagian tengah, lutut, pergelangan tangan, jari tangan dan tisu. Rasa nyeri yang ditimbulkan biasanya terjadi mendadak pada bagian-bagian tersebut selama 3-10 hari, puncak rasa sakitnya akan dialami pada jam enam hingga pukul dua puluh.

Jika sering mengalami rasa nyeri pada bagian sendi tersebut, sebaiknya bawalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain melakukan penanganan dan memberikan resep obat, dokter juga akan memberikan informasi mengenai apa saja pantangan makanan serta minuman untuk penderita asam urat. Para penderita harus mematuhi anjuran dokter karena penyakit ini dapat kambuh secara mendadak dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan oleh dokter. (Baca Juga: Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya secara Alami)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D